12 Fungsi Kulit Tubuh Manusia Secara Umum Lengkap

Posted on

12 Fungsi Kulit Tubuh Manusia Secara Umum Lengkap

Fungsi Kulit – Kulit manusia berbeda-beda, ada yang mengelupas, ada yang tipis, tebal dan ada juga yang putih mulus yang menjadi dambaan semua orang. Kulit adalah organ paling luar pada tubuh manusia. Dan memiliki banyak fungsi dalam menjaga seluruh anggota tubuh. Diperkirakan berat kulit sekitar 7% dari berat tubuh secara total. Kulit juga mempunyai pori-pori/rongga yang menjadi tempat keluarnya keringat. Berikut pembahasan lengkapnya.

Fungsi Kulit Tubuh Manusia

Kulit adalah salah satu organ tubuh manusia yang memiliki berbagai macam fungsi, di antaranya yaitu sebagai alat indera peraba, sebagai alat ekskresi, pelindung tubuh dari berbagai hal yang bisa membahayakan tubuh, sebagai pengatur suhu tubuh, dan lain sebagainya. Kulit juga mempunyai tiga lapisan yaitu Epidermis, Dermis dan Hipodermis. Berikut masing-masing penjelasannya :

1. Sebagai Alat Indera Peraba

Dengan kulit, maka kita bisa merasakan panas, dingin, rasa sakit, atau hal lain yang jika menyentuh kulit akan ada rasa yang berubah. Karena kulit juga memiliki syaraf sehingga fungsinya adalah sebagai indera peraba saat mendapat rangsangan.

2. Sebagai Alat Ekskresi

Kulit juga merupakan tempat keluarnya keringat. Kelenjar kulit mengeluarkan zat yang tak diperlukan tubuh atau sisa metabolisme yang berupa NaCl, asam urat, urea dan ammonia. Kulit mampu mengeluarkan 1 liter keringat dalam satu hari. Keringat dikeluarkan dari pori-pori/rongga kecil di permukaan kulit.

3. Sebagai Pelindung Tubuh Dari Berbagai Ancaman

Kulit adalah bagian paling luar tubuh hingga berfungsi untuk memproteksi/melindungi dan menjaga bagian di dalam tubuh dari beragam gangguan fisik. Seperti misalnya geseka, tekana, melindungi tubuh dari paparan sinar matahari, bakteri mikroorganisme jahat, melindungi tubuh dari berbagai benturan, dan zat-zat kimia terutama yang sifatnya iritan.

4. Tempat Penyimpan Lemak

Fungsi lapisan dermis pada kulit adalah sebagai tempat menyimpan lemak yang disimpan dalam bentuk tetesan lemak. Lemak itu diperlukan tubuh seperti pada saat memerlukan energi yang lebih, karena fungsinya yaitu sebagai cadangan energi.

5. Pengatur Suhu Tubuh

Kulit akan selalu menjaga suhu tubuh agar tidak dipengaruhi oleh suhu lingkungan.

6. Pembentukan Pigmen

Sel pembentuk pigmen (melanosit) terletak pada lapisan basal.

7. Mempertahankan Kelembapan

Kulit adalah penghalang dalam mencegah hilangnya air di dalam tubuh, sehingga kulit membantu kita dalam mencegah dehidrasi yang dapat menyebabkan kematian.

8. Imunitas atau Kekebalan Tubuh

Kulit memiliki sel-sel yang bekerja sama dengan sistem imun pada tubuh untuk melawan virus, bakteri, dan berbagai hal yang bisa membahayakan tubuh.

9. Pembentukan Vitamin D

Kulit mampu menghasilkan vitamin D melalui paparan sinar matahari.

10. Mendukung Gerakan dan Pertumbuhan

Selain sebagai alat indera, kulit juga mendukung gerakan yang banyak dilakukan dan bagi pertumbuhan. Hal itu terjadi karena kulit di bagian tubuh memiliki sifat elastis yang dapat berkembang serta mengikuti pertumbuhan kita.

11. Melihat Keadaan

Terkadang kita melihat seseorang dari kulitnya, misal saat seseorang sakit kita melihat wajahnya pucat. Pucat pada wajah itu membuat ia terlihat sakit, sebaliknya kulit yang cerah dan sehat menandakan orang itu dalam keadaan sehat.

12. Pesona

Bagi seseorang terutama wanita tentu mendambakan kulit yang cerah dan sehat, kulit juga memiliki daya tarik tersendiri untuk sebagian orang. Terlepas dari fungsinya sebagai organ tubuh itu sendiri.

Sekian ulasan mengenai Fungsi Kulit yang disertai dengan penjelasannya lengkap. Semoga bermanfaat bagi anda semua dan dapat menambah wawasan serta pengetahuan anda.

Baca Juga :