12 Pengertian Geografi Menurut Para Ahli Lengkap

Posted on

12 Pengertian Geografi Menurut Para Ahli Lengkap

Pengertian Geografi Menurut Para Ahli – Kata geografi berasal dari bahasa Yunani yaitu geo yang berarti bumi dan graphein yang berarti tulisan. Secara harfiah, geografi adalah tulisan mengenai bumi. Geografi juga biasanya disebut dengan ilmu tentang bumi atau ilmu yang mempelajari bumi.

Namun dalam mempelajarinya bukan hanya permukaan buminya saja, tetapi tentang apapun yang ada di dalam perut bumi, lapisan-lapisan bumi, luar bumi bahkan benda-benda luar angkasa yang menjadi objek kajian geografi.

Pengertian Geografi Menurut Para Ahli

Immanuel Kant

Geografi adalah ilmu yang sumber obyek studinya ialah berupa benda-benda, gejala atau hal-hal yang tersebar luas di muka bumi.

Yeates dan Hagget

Geografi adalah ilmu pengetahuan tentang perkembangan nasional serta pengujian mengenai teori yang menjelaskan serta memperkirakan distribusi spasial serta lokasi di berbagai karakter dari permukaan bumi.

Hart Shorne

Geografi adalah disiplin ilmu yang berusaha menginterpretasikan serta menguraikan karakter variabel, dari satu tempat ke tempat lainnya di muka bumi yang menjadi wadah atau tempat manusia hidup.

Claudius Ptolomaeus

Geografi adalah suatu penyajian melalui peta dari sebagian dan seluruh permukaan bumi.

Alexander Von Humboldt

Geografi adalah studi tentang pengaruh lingkungan alam terhadap manusia.

Erasthothenes

Geografi bermula dari kata geographica yang artinya penggambaran atau penulisan mengenai bumi.

Preston E James

Geografi adalah induk dari seluruh ilmu pengetahuan yang ada. Karena ada banyak bidang ilmu pengetahuan yang sering dimulai, dengan keadaan permukaan bumi lalu dilanjutkan pada studinya masing-masing.

Bintaro

Geografi adalah ilmu pengetahuan yang menerangkan, menjelaskan sifat-sifat bumi, menganalisa seluruh gejala alam dan penduduknya serta mempelajari corak-corak yang khas tentang sebuah kehidupan dari unsur-unsur bumi.

Elsworth Huntington

Geografi adalah studi tentang fenomena pada permukaan bumi, dan juga penduduk yang menghuninya. Ia juga menjelaskan tentang hubungan timbal balik di antara sifat gejala permukaan bumi dan penduduknya.

Prof. Bintarto

Geografi adalah ilmu yang mempelajari tentang hubungan kausal gejala di bumi dan segala peristiwa yang terjadi di bumi, baik yang sifatnya fisikal atau yang berkaitan dengan makhluk hidup dan permasalahannya. Dengan melalui pendekatan keruangan, ekologikal dan regional , untuk kepentingan sebuah program, sebuah proses dan berhasilnya sebuah pembangunan.

Mustofa Bisri

Geografi adalah ilmu yang menjabarkan tentang permukaan bumi, iklim, cuaca, flora dan fauna, serta basil-basil yang diperoleh dari bumi itu sendiri.

UNESCO

Mendefinisikan Geografi sebagai: 1. one agent synthesis; 2. a nexus study outside; 3. science in the use of land.

Sekian pembahasan tentang Pengertian Geografi Menurut Para Ahli yang lengkap dengan penjelasannya. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda.

Baca Juga :