13 Sifat Dan Ciri Laki-Laki Sholeh Lengkap

Posted on

13 Sifat Dan Ciri Laki-Laki Sholeh Lengkap

Ciri Pria Soleh – Apabila kita ingin mendapat wanita/istri yang solehah maka milikilah sifat dan juga karakter yang mencerminkan pria yang soleh. Dan jika anda wanita, maka kenalilah beberapa ciri pria yang soleh menurut agama. Berikut penjelasannya lengkap.

Sifat Dan Ciri Laki-Laki Sholeh

1. Memiliki agama yang kuat

Hal ini adalah kunci bagi setiap laki-laki dan perempuan. Ketika seseorang memiliki agama yang kuat, maka hal lainnya pasti akan mengikuti. Misalnya dengan menjaga ketaatan pada Allah SWT dan Rasulullah SAW, menjaga sholatnya dan dilakukan berjamaah dan tepat waktu, karena laki-laki sangat dianjurkan sholat berjamaah di masjid, menjalankan amalan-amalan sunnah, rajin dalam beribadah dan menuntut ilmu, selain itu juga selalu memelihara diri dari perbuatan yang dibenci Allah. Sehingga apabila seorang pria sudah mempunyai keteguhan iman yang kuat dan bertakwa pada Allah maka wajahnya akan lebih bersinar dan tenang. Pria seperti inilah yang didambakan para wanita.

2. Berakhlakul karimah

Poin utama seorang pria adalah memiliki akhlak yang baik, berbudi pekerti baik dan berperangai baik. Akhlak adalah cerminan dari seorang manusia. Bila akhlaknya buruk maka kejelekan akan terlihat pada dirinya, terutama bagi seseorang yang tidak bisa menjaga adabnya.

3. Haus akan ilmu

Pria yang soleh tidak akan berhenti belajar, ia akan terus merasa kurang karena tahu bahwa ilmu yang dipelajari tak akan pernah habis. Semakin banyak ilmu yang diketahuinya, maka ia akan menjadi orang yang rendah hati dan bukan siapa-siapa.

4. Bertanggung jawab

Pria yang bertanggung jawab bisa dilihat dari kehidupannya sehari-hari. Atau bagaimana cara ia memperlakukan orang tua, orang terdekat dan apa yang dilakukannya. Pria soleh juga tak akan mengabaikan apa yang menjadi hak dan kewajibannya pada Allah SWT, pekerjaan, diri sendiri dan orang lain.

5. Amanah

Pria soleh juga harus amanah dan bisa dipercaya, tidak mengabaikan tugas yang diberikan padanya serta tidak menyalahgunakan kuasa/kedudukannya.

6. Tegas

Tegas ini tidak berarti galak, tapi tidak plin plan serta tegas dalam mempertahankan martabat dan tegas dalam menyampaikan nasihat dan kebaikannya. Karena laki-laki adalah imam untuk istri dan anaknya, hingga diperlukan ketegasan. Namun tetap memiliki hati yang lembut, sopan dan tak mudah menyakiti orang lain juga berhati mulia.

7. Tidak boros dan bakhil

Tidak salah dalam menggunakan/membelanjakan uangnya, dan mengeluarkannya dengan tidak berlebihan. Tak hanya uang/materi, tapi juga hal lainnya seperti makanan, tidak berlebihan dan tidak pelit. Semua sudah sesuai porsinya, karena segala hal yang berlebihan tidak baik.

8. Bergaul dengan orang-orang sholeh

Berkumpulah di Majlis dzikir atau berkumpul dengan orang-orang yang mengajak kebaikan. Bagaimana ia disebut soleh, jika setiap hari berkumpul dengan orang-orang yang melalaikan agama. Menjauhi pergaulan bebas, seperti bergaul antara laki-laki dan perempuan tanpa batas, dan tetap menjaga maruahnya dihadapan Allah SWT.

9. Menjaga pandangan

Tak hanya wanita yang harus menjaga pandangan, karena pria soleh juga harus menjaga pandangannya dari maksiat, tidak suka melihat sesuatu yang belum halal, selalu menundukkan kepala dan tidak menatap wanita bukan muhrimnya apalagi sampai berlaku atau bertindak lebih dari itu. Tidak hanya mata, namun juga mampu menjaga tangan, hati dan juga pikirannya dari hal-hal yang tidak dianjurkan oleh agama.

10. Rendah hati dan pemaaf

Selalu menjaga lisan dan berkata santun dengan pilihan kata yang baik, tidak membanggakan diri dan selalu rendah hati pada siapapun serta selalu memaafkan segala kesalahan orang lain.

11. Kharismatik dan selalu menjaga kebersihan diri

Seorang pria yang berkarisma, selalu tampil dengan busana yang rapi dan menjaga badannya agar selalu bersih. Bukan hanya mandi dua kali sehari, tapi juga menjaga badan dari bau tak sedap.

12. Sabar dan ikhlas

Sabar dan ikhlas dalam menerima ujian dari Allah SWT. Bukan dengan uring-uringan, lemah atau putus asa. Karena selalu yakin bahwa Allah selalu bersamanya.

13. Memiliki cinta dan kasih sayang

Pria soleh juga mempunyai hati yang luas, penuh cinta dan kasih. Hal itu bisa dilihat dari caranya memperlakukan ibunya, bapaknya, saudara-saudaranya, serta orang-orang mukmin lainnya. Dari cinta dan kasih sayang tersebut, akan muncul perhatian dan pengertian.

Demikian pembahasan mengenai Ciri Pria Soleh dan penjelasannya lengkap. Semoga bisa dipahami dengan baik dan bermanfaat bagi anda semua.

Baca Juga :