14 Pengertian Statistik Menurut Para Ahli Lengkap

Posted on

14 Pengertian Statistik Menurut Para Ahli Lengkap

Pengertian Statistik Menurut Para Ahli – Statistik adalah ilmu yang sangat penting untuk dipelajari supaya memudahkan seseorang, dalam membuat penelitian, observasi, ataupun riset yang berbentuk angka, mulai dari pengumpulan data, pengolahan data, analisis data,  hingga penyajian data yang akhir tujuannya ialah penarikan kesimpulan. Berikut pembahasan lengkapnya.

Pengertian Statistik Menurut Para Ahli

Modenhall

Statistik adalah salah satu bidang sains yang berkaitan dengan ekstrasi informasi, dari data numerik dan dipakai untuk membuat keputusan dari populasi dari mana data itu diperoleh.

Kendal & Stuart

Statistik adalah cabang metode ilmiah yang berhubungan dengan pengumpulan data yang dikumpulkan, dengan cara mengukur sifat populasi yang ditemukan.

Asher

Statistik itu berhubungan dengan langkah/metode dalam menarik kesimpulan dari suatu hasil uji coba.

Mood, Graybill & Boes

Statistik adalah teknologi dari suatu metode ilmiah yang berhubungan dengan percobaan, penyelidikan serta penarikan kesimpulan.

Anderson & Bancroft

Statistik adalah ilmu dan seni perkembangan serta metode yang paling tepat dan juga efektif dalam hal pengumpulan, mentabulasikan dan menginterprestasikan data-data kuantitatif.

Stoel Torrie

Statistik menjadi cara/metode yang memberi langkah untuk menilai ketidakpastian dari kesimpulan yang bersifat induktif.

Marguerrite F. Hall

Statistik adalah teknik yang dipakai dalam mengumpulkan data, menganalisa, menyimpulkan dan mengadakan penafsiran data dalam bentuk angka.

Freund & Walpole

Statistik adalah salah satu sains dalam hal pengambilan keputusan yang belum pasti.

Sudjana

Statistik adalah pengetahuan yang berhubungan dengan teknik-teknik atau cara-cara pengumpulan data, pengolahan, penganalisaan, penarikan kesimpulan, penyajian data dan publikasi dari data-data dalam bentuk angka.

Sugiyono

Dalam arti sempit statistik adalah alat dan data. Dan secara luas statistik adalah alat dalam menganalisis serta mengambil keputusan.

Prof. Drs. Sutrisno Hadi, MA

Statistik adalah salah satu cara untuk mengolah data dan menarik kesimpulan dan juga keputusan logis dari sebuah pengolahan data.

Prof. Dr. Agus Irianto

Statistik adalah sekumpulan cara yang berkaitan dengan pengumpulan data, analisis data, penarikan kesimpulan dari data-data yang berbentuk angka dengan menggunakan asumsi tertentu.

Suntoyo Yitnosumarto

Statistik adalah informasi informasi yang menggunakan metodologi serta cara perhitungan dalam menyelesaikan masalah praktis yang muncul.

Ir. M. Iqbal Hasan, MM

Statistik adalah ilmu yang mempelajari tentang seluk beluk data mengenai tata cara pengumpulan data, pengolahan data, penganalisaan, penafsiran dan penarikan kesimpulan dari suatu data dalam bentuk angka-angka.

Demikianlah Pengertian Statistik Menurut Para Ahli yang lengkap dengan penjelasannya. Semoga dapat dipahami dengan baik dan semoga bermanfaat.

Baca Juga :