17 Pengertian Analisis Sistem Menurut Para Ahli Lengkap

Posted on

17 Pengertian Analisis Sistem Menurut Para Ahli Lengkap

Pengertian Analisis Sistem Menurut Para Ahli – Dalam analisis sistem biasanya berkaitan dengan beragam bidang yang ada. Biasanya analisis sistem berkaitan dengan evaluasi permasalahan, hambatan, dan bagaimana cara memecahkan masalah itu sendiri. Berikut ini penjelasan analisis sistem menurut para ahli beserta penjelasannya secara lengkap.

Pengertian Analisis Sistem Menurut Para Ahli

  1. Pengertian analisis sistem menurut Satzinger, J.W., Jackson, R.B., dan Burd, S.D adalah proses pemahaman dan penentuan secara rinci apa yang seharusnya dicapai oleh sistem informasi.
  2. Pengertian analisis sistem menurut Jimmy L.Goal adalah penguraian suatu sistem informasi yang utuh, dalam bagian komponennya yang maksudnya adalah untuk mengidentifikasi serta mengevaluasi permasalahan, kesempatan, hambatan, dan kebutuhan yang diharapkan hingga bisa diusulkan perbaikannya.
  3. Pengertian analisis sistem menurut Al Fatta adalah teknik memecahkan masalah dengan cara menguraikan bagian komponen, dengan mempelajari sebagai baik bagian komponen itu bekerja serta berinteraksi dalam mencapai tujuannya.
  4. Pengertian analisis sistem menurut McLeod adalah penelitian pada sistem yang ada, yang tujuannya untuk merancang sistem yang baru atau memperbaharui sistem yang ada tersebut.
  5. Pengertian analisis sistem menurut Yogiyanto adalah penguraian dari suatu sistem informasi yang utuh dalam bagian komponennya, yang maksudnya untuk mengidentifikasi serta mengevaluasi  permasalahan, kesempatan, hambatan yang terjadi dan kebutuhan yang diharapkan sehingga dapat diusulkan perbaikan.
  6. Pengertian analisis sistem menurut Kristanto adalah proses mengumpulkan serta menginterpretasikan kenyataan yang ada, mendiagnosa persoalan, serta menggunakan keduanya untuk memperbaiki sistem.
  7. Pengertian analisis sistem menurut Mardi adalah proses kerja untuk menguji sistem informasi yang sudah ada dengan lingkungannya, sehingga didapatkan petunjuk beragam kemungkinan perbaikan yang bisa dilakukan dengan meningkatkan suatu kemampuan sistem.
  8. Pengertian analisis sistem menurut Pressman adalah kegiatan menemukan atau mengidentifikasikan masalah, mengevaluasi, membuat model serta membuat spesifikasi sistem.
  9. Pengertian analisis sistem menurut Yourdan adalah kegiatan dalam mentransformasikan dua masukan utama, yaitu kebijaksanaan pengguna serta anggaran proyek dalam spesifikasi yang telah terstruktur. Kegiatan itu melibatkan alat serta model diagram aliran data, diagram antar entitas dan komunikasi data.
  10. Pengertian analisis sistem menurut Kenneth dan Jane adalah kegiatan menganalisa permasalahan dari suatu perusahaan dan pemecahan masalah tersebut dengan menggunakan sistem informasi.
  11. Pengertian analisis sistem menurut O’Brien dan Marakas adalah kegiatan menganalisa komponen dan requirement dari sebuah sistem secara rinci.
  12. Pengertian analisis sistem menurut Bentley dan Whitten adalah metode dalam mencari solusi dari permasalahan sistem yang ada, secara kelompok komponen yang menjadi beberapa komponen yang lebih kecil supaya solusi yang ditemukan sesuai dengan kebutuhan sistem.
  13. Pengertian analisis sistem menurut Stair dan Reynolds adalah suatu sistem yang menentukan sistem informasi mengenai apa yang harus dilakukan, dalam memecahkan masalah yang ada dengan mempelajari sistem serta proses kerja dalam mengidentifikasi kekuatan, kelemahan dan peluang untuk perbaikan.
  14. Pengertian analisis sistem menurut Laudon dan Laudon terdiri dari mengidentifikasi masalah, mengidentifikasi penyebabnya, menentukan solusi dan mengidentifikasi kebutuhan informasi yang diperlukan oleh sistem.
  15. Pengertian analisis sistem menurut Mulyanto dkk adalah teknik pemecahan masalah yang menguraikan sistem menjadi komponennya, yang tujuannya untuk mempelajari seberapa bagus komponennya bekerja serta berinteraksi dalam meraih tujuan yang sudah ditentukan.
  16. Pengertian analisis sistem menurut KBBI adalah prosesdur atau proses sistematis yang memungkinkan pengombinasian pertimbangan para pakar dari berbagai bidang ilmu. Hingga didapatkan hasil sempurna dari kegunaan setiap disiplin, pengamatan tentang sesuatu kegiatan, metode, prosedur, atau teknik dalam menentukan manfaat kegiatan itu dan cara terbaik untuk mendapatkannya.

Sekian pembahasan tentang Pengertian Analisis Sistem Menurut Para Ahli secara lengkap. Semoga artikel ini membantu anda dalam memahami pengertian dari analisis sistem tersebut. semoga bermanfaat.

Baca Juga :