22 Pengertian Pasar Modal Menurut Para Ahli Lengkap

Posted on

22 Pengertian Pasar Modal Menurut Para Ahli Lengkap

Pengertian Pasar Modal Menurut Para Ahli – Istilah pasar modal erat kaitannya dengan bidang ekonomi. pasar modal juga berhubungan dengan investasi. Bagi anda yang belum paham tentang makna dari pasar modal, simak artikel berikut yang akan membahas pengertian pasar modal menurut para ahli secara lengkap.

  1. Pengertian pasar modal menurut Undang-Undang Pasar Modal No.8 Tahun 1995 adalah suatu kegiatan yang berkaitan dengan penawaran umum, dan perdagangan efek, perusahaan publik yang berkaitan dengan efek yang diterbitkannya, serta lembaga dan profesi yang berkaitan dengan efek. Efek di sini adalah surat berharga, yaitu surat pengakuan hutang, surat berharga komersial, saham, obligasi, tanda bukti hutang, unit penyertaan investasi kolektif, kontrak berjangka atas efek, dan setiap derivatif dari efek.
  2. Pengertian pasar modal menurut Martalena dan Malinda adalah tempat bertemunya permintaan serta penawaran pada modal, baik bentuk ekuitas atau jangka panjang.
  3. Pengertian pasar modal menurut Fahmi dan Hadi adalah tempat berbagai pihak, khususnya perusahaan menjual saham (stock) dan obligasi (bond). Yang tujuan dari hasil penjualannya akan digunakan sebagai tambahan dana atau untuk menguatkan modal perusahaan.
  4. Pengertian pasar modal menurut Irham adalah sebuah pasar temapt dana-dana modal seperti ekuitas dan utang diperdagangkan.
  5. Pengertian pasar modal menurut Sunariyah adalah tempat pertemuan antara penawaran dengan permintaan surat berharga. Dan tempat dimana individu-individu atau badan usaha yang mempunyai kelebihan dana (surplus fund) melakukan investasi dalam surat berharga yang ditawarkan oleh emiten.
  6. Pengertian pasar modal menurut Suad Husnan adalah pasar untuk beragam instrumen keuangan atau sekuritas jangka panjang, yang dapat diperjualbelikan. Baik yang berbentuk hutang atau modal sendiri, baik yang diterbitkan pemerintah, public authorities, maupun perusahaan swasta.
  7. Pengertian pasar modal menurut Tjiptono Darmadji dan Hendy M. Fakhruddin adalah pasar pada beragam keuangan jangka panjang yang dapat diperjualbelikan baik yang berbentuk hutang, ekuitas (saham) instrumen derivatif, maupun instrumen lainnya. Pasar modal juga merupakan sarana pendanaan perusahaan atau institusi lainnya, contohnya pemerintah dan sarana untuk kegiatan berinvestasi.
  8. Pengertian pasar modal menurut Widoatmodjo adalah pasar abstrak, yang dimana yang diperjualbelikannya adalah dana jangka panjang, serta keterkaitan pada investasi lebih dari satu tahun.
  9. Pengertian pasar modal menurut Jurnal Ilmiah adalah pasar yang efisien, yang merupakan pasar bursa yang dimana efek yang diperdagangkannya merefleksikan seluruh informasi yang terjadi secara cepat dan akurat.
  10. Pengertian pasar modal menurut Wikipedia adalah kegiatan yang berkaitan dengan penawaran umum serta perdagangan efek, perubahan publik yang berhubungan dengan efek yang diterbitkan dan juga lembaga serta profesi yang berhubungan dengan efek.
  11. Pengertian pasar modal menurut Situmorang adalah perdagangan instrumen keuangan (sekuritas) jangka panjang, baik dalam bentuk modal sendiri (stocks) maupun utang (bonds), baik yang diterbitkan oleh pemerintah maupun oleh perusahaan swasta.
  12. Pengertian pasar modal menurut Mishkin dan Easkin adaah capital market is the market which longer-term debt (original matuyear or greater) and equity instrument are traded.
  13. Pengertian pasar modal menurut Sartono adalah tempat terjadinya transaksi aset keuangan jangka panjang (long-term financial aset) dengan jatuh tempo lebih dari setahun.
  14. Pengertian pasar modal menurut Fahmi adalah tempat yang dimana beragam pihak terutama perusahaan, menjual saham dengan obligasi. Yang tujuan dari hasil penjualan itu nanti akan digunakan sebagai tambahan atau menguatkan modal perusahaan.
  15. Pengertian pasar modal menurut Tandelilin adalah pasar untuk memperjualbelikan sekuritas yang umumnya memiliki umur lebih dari satu tahun, seperti saham dan obligasi.
  16. Pengertian pasar modal menurut Sjahrial adalah keseluruhan sistem keuangan yang terorganisasi termasuk pada bank komersial, dan seluruh perantara pada bidang keuangan dan surat berharga jangka panjang dan juga pendek.
  17. Pengertian pasar modal menurut UU No.21 Tahun 2011 adalah kegiatan yang berkaitan dengan penawaran umum serta perdagangan efek. Perusahaan publik yang berkaitan dengan efek yang diterbitkannya, serta lembaga dan profesi yang berkaitan dengan efek.
  18. Pengertian pasar modal menurut Keputusan Menteri Keuangan RI No.1548/KMK/1990 adalah sistem keuangan yang sudah terorganisasi, termasuk bank komersial dan seluruh lembaga perantara di bidang keuangan, dan keseluruhan surat berharga yang beredar.
  19. Pengertian pasar modal menurut Azis, Mintarti, dan Nadir adalah pasar untuk berbagai instrumen keuangan jangka panjang yang bisa diperjualbelikan baik surat utang (obligasi), ekuiti (saham), reksadana, instrumen derivatif maupun istrumen lainnya.
  20. Pengertian pasar modal menurut Eduardus Tandelilin adalah pertemuan antara pihak yang memiliki kelebihan dana dengan pihak yang memerlukan dana. Caranya dengan memperjualbelikan sekuritas, dan tempat di mana terjadinya jual beli sekuritas itu disebut dengan bursa efek.
  21. Pengertian pasar modal atau capital market menurut Rusdin adalah kegiatan yang berkaitan dengan penawaran umum dengan perdagangan efek. perusahaan publik yang berkaitan dengan efek yang diterbitkannya, serta lembaga dan profesi yang berkaitan dengan efek.
  22. Pengertian pasar modal menurut KBBI adalah segala kegiatan yang mempertemukan penawaran serta permintaan dana jangka panjang, pusat keuangan, bank dan firma yang meminjamkan uang secara besar-besaran; pasar atau bursa modal yang memperjualbelikan surat berharga yang berjangka waktu lebih dari satu tahun.

Itulah 22 Pengertian Pasar Modal Menurut Para Ahli dan penjelasannya secara lengkap. Semoga artikel ini bisa dipahami dan dapat menambah pengetahuan anda. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :