Download Contoh Surat Keterangan Domisili yang Benar

Posted on

Download Contoh Surat Keterangan Domisili yang Benar

Surat keterangan domisili ialah surat yang menerangkan tentang status dimana orang tersebut tinggal di suatu wilayah ataupun daerah tertentu. Sama dengan surat resmi lainnya, surat domisili juga bisa dijadikan bukti jika orang yang dimaksud telah bertempat tinggal disitu. Surat keterangan domisili ini sangat penting untuk dibuat. Karena fungsinya sangat banyak dan untuk membuatnya anda bisa melihat contoh surat keterangan domisili berikut ini.

Fungsi surat keterangan domisili diantaranya ialah supaya kita memperoleh bantuan sosial, atau memperoleh bantuan dari pemerintah dan bisa digunakan untuk kepentingan lainnya. Biasanya surat keterangan domisili dibuat oleh seseorang yang merantau tinggal di luar daerah asal mereka. Sehingga dengan surat keterangan domisili tersebut mereka bisa memperoleh bantuan pemerintah, memperoleh hal pemilihan suara bahkan juga bisa digunakan untuk pengganti KTP sementara sebelum pulang didaerah asal.

Contoh Surat Keterangan Domisili

Dengan surat keterangan domisili ini, pemerintah juga akan terbantu dalam pemetaan persebaran penduduk. Bahkan sangat membantu ketika pemilu berlangsung yang akan memudahkan penduduk tersebut melakukan pendaftaran menjadi calon pemilih. Surat keterangan domisili tersebut dikeluarkan oleh pejabat desa yakni oleh ketua RT, kepala dusun, ketua RW, Kepala Desa, maupun pejabat desa lainnya.

Syarat membuat surat keterangan domisili adalah minimal anda sudah tinggal ditempat tersebut selama 6 bulan. Selanjutnya, anda tinggal datang ke kantor desa untuk proses pembuatan surat keterangan domisili tersebut.

Dari surat keterangan domisili tersebut anda akan tahu secara jelas jika nama yang tertera disitu benar benar bertempat tinggal di daerah tersebut. Kemudian untuk pejabat yang bertanda tangan pada surat tersebut adalah kepala desa yang bertugas saat itu. Identitas dari yang bersangkutan juga tertulis secara lengkap disitu sehingga tidak ada kesalah pahaman yang terjadi. Identitas yang tertulis seperti nama lengkap, tempat tanggal lahir, jenis kelamin, pekerjaan, agama, status perkawinan, kewarganaan serta alamat lengkap.

Itulah penjelasan tentang surat keterangan domisili yang bisa anda jadikan referensi. Semoga bermanfaat.

Baca juga: