Download Contoh Surat Pemberhentian Kerja dengan Terhormat

Posted on

Download Contoh Surat Pemberhentian Kerja dengan Terhormat

Surat pemberhentian kerja merupakan surat yang dibuat pihak instansi atau lembaga dengan tujuan memberhentikan karyawan. Pemecatan atau pemutusan kerja tersebut disebabkan oleh karyawan atau karena perusahaan sudah tidak membutuhkan karyawan tersebut untuk bekerja di perusahaan mereka. Untuk mengetahui bagaimana bentuk surat pemberhentian kerja, anda bisa cek contohnya dibawah ini.

Perusahaan atau instansi yang memberhentikan karyawan tersebut tentunya memiliki alasan kenapa langkah ini harus di ambil. Karena akibat keputusan tersebut akan berdampak pada perusahaan dan karyawan yang bersangkutan.

Namun kadang solusi pemutusan kerja ini adalah jalan yang tepat jika karyawan tersebut tidak bisa bekerja sesuai dengan harapan perusahaan. Pemberhentian kerja juga dilandasi dengan peraturan perusahaan bukannya kehendak perseorangan saja. Biasanya setiap ada karyawan yang tidak bisa bekerja dengan baik sesuai harapan, kemudian melanggar tata tertib sampai beberapa kali, dan kurang disiplin maka langkah ini adalah solusi tepat.

Sebenarnya surat pemberhentian kerja hampir mirip dengan surat pemutusan kerja. Yang membedakan hanyalah surat pemberhentian kerja dibuat untuk karyawan yang menjadi karyawan tetap. Sedangkan surat pemutusan kerja dibuat untuk keryawan yang masih berstatus sebagai karyawan kontrak.

Jadi, jika anda tidak ingin mendapatkan surat pemberhentian kerja, sebaiknya bekerjalah dengan rajin dan taati semua peraturan yang ada. Dengan kualitas kerja yang bagus, tentu peluang anda mendapatkan surat pemberhentian kerja akan semakin kecil.

Contoh Surat Pemberhentian Kerja

Isi surat pemberhentian kerja adalah menerangkan jika yang tertuliskan namanya disurat tersebut tidak mengalami peningkatan dalam bekerja atau kinerja yang kurang bagus. Khsusunya setelah di buatnya surat peringatan yang kedua. Mungkin dalam hal kedisiplinan atau tanggung jawab atas pekerjaan yang dijalankan memang kurang bagus.

Kemudian menjelaskan jika hal tersebut adalah penyebab kenapa perusahaan harus mengambil keputusan ini. Di surat tersebut juga di tuliskan tanggal diberhentikannya karyawan tersebut. Surat dikeluarkan oleh pemimpin perusahaan dan disetujui oleh pemilik perusahaan.
Itulah penjelasan dan contoh surat pemberhentian kerja yang bisa dijadikan referensi. Semoga bermanfaat.

Baca juga: