Download Contoh Surat Peringatan 1 yang Baik dan Benar

Posted on

Download Contoh Surat Peringatan 1 yang Baik dan Benar

Surat peringatan 1 atau yang biasa disebut dengan SP 1 merupakan sebuah surat untuk karyawan dari atasan karena dia telah melakukan suatu pelanggaran di perusahaan dimana dia bekerja. Biasanya surat peringatan 1 dikeluarkan bagian personalia atau HRD dalam sebuah perusahaan. Jadi, anda harus mentaati peraturan dan tetap bekerja dengan baik.

Sebenarnya sebelum surat tersebut dikeluarkan, biasanya karyawan yang bersangkutan akan diberi peringatan lisan jika dia terbukti sudah melanggar aturan. Dari mulai sikap indisipliner, kemudian melanggar tata tertib atau tidak mentaati peraturan perusahaan lainnya.

Sehingga jika karyawan tersebut tetap melakukan pelanggaran dan tak bisa memperbaiki sikapnya, maka dengan berat hati perusahaan akan langsung memberi reguran berbentuk tulisan yang dinamakan surat peringatan 1. Jadi, jika anda sampai diberi peringatan lisan, usahakan untuk merubah sikap buruk anda sebelum anda diberi SP 1.
Karena akibat dikeluarkannya SP 1 ini cukup fatal bagi karir anda. Jangan sampai karir yang anda bangun dari nol berakhir hanya karena anda kurang disiplin dan tidak mematuhi aturan.

Contoh Surat Peringatan 1

Aturan aturan setiap perusahaan memang beda. Sehingga anda harus bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan atau aturan dimana anda bekerja. Karena dengan penyesuaian tersebut, sedikit demi sedikit anda bisa mengontrol emosi dan surat peringatan 1 tidak akan anda terima.

Jangan sampai anda memperoleh SP 1, SP 2, maupun SP 3 yang biasa dikatakan sebagai surat peringatan terakhir. Sebab jika anda sudah mendapat SP 3 kemudian tetap melanggar aturan, akibatnya anda bisa dikeluarkan dengan tidak terhormat.

Pemberhentian ini akan merugikan anda dan juga perusahaan. Karena nama anda juga tercoreng sehingga sulit sekali mencari pekerjaan baru. Sementara itu, bagi perusahaan sendiri akan kehilangan karyawan yang mungkin dulunya pernah berjasa dalam perusahaan tersebut. Jadi, kedua belah pihak akan saling dirugikan dengan adanya pemecatan yang kurang terhormat ini. Oleh karena itu, bekerjalah sebaik mungkin dan taatilah aturan yang ada.
Itulah pembahasan tentang surat peringatan 1 yang bisa dijadikan sebagai referensi. Semoga bermanfaat.

Baca juga: