Download Contoh Surat Permohonan Beasiswa Mahasiswa

Posted on

Download Contoh Surat Permohonan Beasiswa Mahasiswa

Contoh surat permohonan beasiswa merupakan surat yang isinya meminta beasiswa. Biasanya surat ini dibuat oleh mahasiswa yang memenuhi syarat seperti kurang mampu atau yang sangat berprestasi. Apalagi saat ini semakin banyak beasiswa yang di siapkan oleh pihak sekolah untuk para siswanya. Beasiswa tersebut akan menambah semangat belajar mereka. Untuk membuat surat tersebut, anda perlu mengetahui contoh surat permohonan beasiswa dibawah ini.

Manfaat beasiswa ini sangat besar sekali terutama bagi keluarga yang kurang mampu. Dengan bantuan tersebut, anak anak mereka tak perlu bingung dengan dana sekolah. Sehingga bisa focus belajar dengan giat dan yang paling penting bisa tetap bersekolah.

Jenis surat permohonan beasiswa juga ada 2 macam. Yang pertama surat permohonan beasiswa yang dibuat pihak instansi terkait (sekolah atau universitas) dan yang kedua adalah dari pihak siswa ataupun mahasiswa sendiri.

Untuk jenis surat permohonan beasiswa yang pertama ini merupakan surat rekomendasi beasiswa. Pihak instansi tersebut merekomendasikan siswa yang bersangkutan untuk bisa memperoleh beasiswa. Sementara surat permohonan beasiswa yang dibuat sendiri ini dibuat dengan menyertakan surat keterangan tidak mampu dari balai desa.

Syarat permohonan beasiswa juga membuthkan beberapa syarat yang harus dipenuhi. Diantaranya fotocopy KTM, fotokopy KK, surat keterangan tidak mampu, serta surat keterangan tidak menerima beasiswa lain.

Contoh Surat Permohonan Beasiswa

Bagi mahasiswa yang mengajukan surat permohonan beasiswa, tentu harus memenuhi syarat syarat yang di tentukan oleh pihak kampus. Isi dari surat pengajuan beasiswa ini adalah menjelaskan jika dirinya memohon diberikan beasiswa baik beasiswa prestasi ataupu beasiswa kurang mampu. Dicantumkan juga nama dan identitas lain seperti semeseter berapa, program studi serta Nomor Induk mahasiswa.

Bersama dengan surat permohonan beasiswa tersebut, anda pun harus menyertakan syarat lainnya yang akan mendukung diterimanya permohonan anda. Anda juga harus menyertakan nilai akhir studi anda agar pengajuan anda diterima. Semakin baik nilai yang anda miliki, maka semakin besar pula peluang anda mendapatkan beasiswa tersebut.

Itulah penjelasan dan contoh surat permohonan beasiswa yang bisa anda jadikan referensi dirumah. Selamat mencoba.

Baca juga: