Apresiasi Seni – Pengertian, Fungsi, Manfaat, Tujuan Dan Bentuk Apresiasinya

Posted on

Pengertian Apresiasi Seni – Fungsi, Manfaat, Tujuan, Dan Bentuk Apresiasinya Lengkap

Apresiasi Seni – Adalah proses/bentuk penghargaan serta penilaian pada suatu hal yang berkaitan dengan karya seni dan sastra. Secara etimologi kata “Apresiasi” berasal dari bahasa latin, yaitu “Apreciatio” yang artinya menghargai. Sedangkan secara terminologi, arti kata apreasiasi adalah proses penilaian atau penghargaan yang positif yang dilakukan oleh seseorang pada suatu hal tertentu.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti apreasiasi adalah setiap penilaian baik, penghargaan, terhadap karya seni dan karya sastra.

Pengertian Apresiasi Menurut Para Ahli

  1. Menurut Prayogi pengertian apresiasi adalah seluruh aktivitas yang memberi penghargaan yang dilakukan, yang menjadi hasil dari penggunaan, peresapan, dan penilaian seseorang terhadap sebuah karya sastra ataupun karya seni tertentu. Apresiasi merupakan bentuk rasa kagum yang keluar dari diri penikmat karya seni/sastra tertentu.
  2. Menurut S. E Effendi pengertian apresiasi adalah suatu aktivitas dalam menggauli cipta sastra dengan sungguh-sungguh, hingga tumbuhlah pengertian, penghargaan, kepekaan pikiran kritis dan kepekaan perasaan yang baik terhadap karya sastra.
  3. Menurut Verbeek pengertian apresiasi adalah kesadaran dalam menilai lewat penghayatan karya seni, dengan cara memberdayakan seluruh pribadi yang melibatkan perasaan, pengalaman, keinginan, dan anggapan seseorang.
  4. Menurut Hornby arti apresiasi adalah pengenalan dan pemahaman yang tepat, pertimbangan, penilaian, dan pernyataan yang memberikan penilaian.
  5. Menurut Elliyati definisi apresiasi adalah segala kegiatan yang mengakrabi karya sastra dengan sungguh-sungguh yang berhubungan dengan kesungguhan penikmat sastra untuk mengenali, menghargai dan menghayati, sehingga dapat menemukan penjiwaan yang benar-benar dalam.
  6. Menurut Albert R. Candler pengertian apresiasi adalah proses mengartikan dan menyadari sepenuhnya seluk beluk dari karya seni, dan menjadi sensitif tentang gejala estetis dan artistik. Sehingga bisa menikmati dan juga menilai karya itu sebagaimana mestinya.

Fungsi Apresiasi Secara Umum

Pada umumnya fungsi apresiasi ini adalah bentuk ekspresi penghargaan pada sebuah karya. Berikut fungsi seni yang lainnya :

  • Sebagai cara untuk memberikan penilaian, edukasi, empati, terhadap sebuah karya seni atau sastra.
  • Sebagai sarana untuk meningkatkan rasa cinta masyarakat terhadap karya anak bangsa, dan bentuk kepedulian terhadap sesama.
  • Sebagai cara untuk meningkatkan dan mengembangkan kemampuan manusia dalam berbagai hal.

Manfaat Apresiasi

Berikut ini adalah beberapa manfaat apresiasi jika diterapkan dengan baik :

  • Agar kita memahami tentang karya seni dari berbagai sisi.
  • Meningkatkan rasa kecintaan terhadap karya seni dan sesama manusia.
  • Menjadi sarana untuk melakukan edukasi, hiburan, empati, dan lain-lain.
  • Meningkatkan dan mengembangkan suatu karya seni menjadi lebih baik di masa mendatang.

Tujuan Apresiasi

Pada umumnya tujuan dalam melakukan apresiasi adalah untuk mengedukasi masyarakat agar mengetahui apa, bagaimana, dan alasan dari suatu karya seni diciptakan. Sehingga masyarakat bisa menghayati dan juga menilai karya serta mengembangkan nilai estetikan dari karya seni itu sendiri. Tujuan apresiasi adalah sebagai berikut :

  • Untuk mengevaluasi dan mengembangkan nilai estetika karya seni
  • Meningkatkan dan mengembangkan kemampuan berkreasi dan berimajinasi
  • Untuk menyempurnakan keindahan karya seni

Jenis-Jenis Apresiasi

Berikut ini adalah beberapa jenis apresiasi tersebut :

Apresiasi Empatik

Adalah apresiasi dalam menilai/menghargai karya seni yang bisa diterima dengan indera saja.

Apresiasi Estetis

Adalah kegiatan dalam menilai/menghargai karya seni dengan cara melibatkan pengamatan yang mendalam dan penghayatan.

Apresiasi Kritik

Adalah aktivitas dalam menilai/menghargai sebuah karya seni dengan cara melibatkan tafsiran, analisis, deskripsi, klasifikas, evaluasi, dan penghargaan.

Tahap-Tahap Apresiasi

Berikut ini adalah tahap-tahap apresiasi secara umum :

  1. Pengamatan. Adalah proses pengamatan sebuah karya seni yang tak hanya melalui indera saja, tapi juga memberdayakan seluruh pribadi dari seseorang.
  2. Aktivitas Fisiologis. Adalah tindakan yang nyata ketika melakukan suatu pengamatan.
  3. Aktivitas Psikologis. Merupakan persepsi dengan evaluasi yang menimbulkan interpretasi imajinatif yang menjadi pendorong kreativitas.
  4. Aktivitas Penghayatan. Adalah pengamatan karya seni yang mendalam.
  5. Aktivitas Penghargaan. Adalah aktivitas yang meliputi evaluasi pada objek karya seni dan menanamkan masukan.

Sekian ulasan tentang apresiasi seni yang disertai dengan pengertian, fungsi, tujuan, manfaat, jenis dan tahapan apresiasi pada umumnya. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda di bidang seni, dan berguna bagi kita semua.

Baca Juga :