Pengertian Ciliata – Ciri Dan Klasifikasinya Lengkap

Posted on

Pengertian Ciliata – Ciri Dan Klasifikasinya Lengkap

Ciliata – Adalah protista yang memiliki sel satu dan permukaan tubuhnya ditumbuhi oleh rambut getar. Ciliata ini berasal dari kata cillium yang artinya rambut getar. Ciliphiora bisa bergerak dengan menggunakan silia/rambut getar. Sehingga ciliata dan ciliaphora merupakan hewan yang bergerak dengan memakai alat bantu dari rambut getar atau silia. Dan di suatu fase hidupnya digunakan sebagai alat gerak dan untuk mencari makanan.

Ukuran silia lebih pendek dari flagel dan memiliki dua intisel/nukleus yaitu makronuskleus atau inti besar yang mengendalikan fungsi dari hidup sehari-hari RNA, serta penting bagi reproduksi aseksual. Ditemukan juga vakuola kontraktil yang fungsinya yaitu untuk menjaga keseimbangan air di dalam tubuhnya.

Ciri Ciliata

  1. Mempunyai sifat heterotrof
  2. Bergerak dengan menggunakan silia (rambut getar)
  3. Pada umumnya mempunyai ukuran mikroskopis, tetapi ada juga spesies yang memiliki ukuran 3 mm sehingga bisa dilihat dengan menggunakan mata telanjang
  4. Pembelahan secara biner
  5. Membantu pergerakan makanan menuju sistoma
  6. Terdapat di seluruh bagian sel dan juga pada bagian tertentu
  7. Mempunyai bentuk tubuh oval dan juga tidak berubah-ubah atau tetap
  8. Hidup bebas di lingkungan yang berair baik di air laut ataupun air tawar yang terdapat banyak kandungan zat organiknya
  9. Hidup secara parasit, simbiosi dan ada juga yang hidup di alam bebas
  10. Mempunyai dua inti sel yaitu makronukleus dan juga mikronukleus

Klasifikasi Dari Ciliata

Paramecium

Jenis ciliata yang bagian ujung depannya tumpul, sedang di bagian belakang meruncing. Hingga terlihat bentuk sepatu/sandal.

Vorticella

Jenis ciliata ini bentuknya seperti lonceng dan bertangkai panjang, serta berbentuk lurus/spiral yang ada pada silia di sekitar mulutnya. Hidupnya ada di air tawar, menempel di tangkai batang dan sifatnya kontraktil serta substrak. Makanannya yaitu bakteri atau sisa bahan organik yang masuk bersamaan melalui mulutnya.

Didinium

Adalah predator pada ekosistem perairan yaitu merupakan pemangsa dari pramecium.

Stentor

Bentuknya seperti terompet dan menetap di air tawar yang bergenang/mengalir. Makanan dari hewan ini adalah ciliata yang ukurannya lebih kecil.

Balantidium Coli

Jenis ciliata paling besar dalam usus terbesar dan satu-satunya golongan ciliata manusia yang patogen dan menimbulkan balantidiasis atau juga ciliata dysentri. Ciliata ini dapat ditemukan di daerah tropis/sub tropis.

Peranan Dari Ciliata

  1. Peranan Ciliata Yang Menguntungkan seperti Didinium yang mirip dengan ceret bertangkai yang mempunyai peranan sebagai predator di air tawar.
  2. Peranan Ciliata Yang Merugikan seperti Balantidium coli yang hidupnya parasit didalam usus manusia yang bisa menyebabkan gangguan perut dan juga bisa menyebabkan diare berdarah.

Demikianlah pengertian Ciliata yang dilengkapi dengan ciri dan klasifikasinya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda dan dapat menambah pengetahuan anda.

Baca Juga :