Pengertian Daftar Pustaka – Fungsi Dan Unsurnya Lengkap

Posted on

Pengertian Daftar Pustaka – Fungsi Dan Unsurnya Lengkap

Fungsi Daftar Pustaka – Daftar pustaka adalah sesuatu yang berisi tentang sumber bacaan yang dipakai sebagai bahan acuan untuk menulis karya ilmiah. Pengertian lainnya yaitu daftar yang berisi judul buku, artikel atau bahan tulisan yang berkaitan dengan karya ilmiah yang dibuat. Pencantuman dari judul buku pada daftar pustaka dan di akhir karya ilmiah, berhubungan erat dengan pengutipan tulisan pada buku.

Dan bila kita mengutip informasi atau teori yang digunakan untuk pembuatan karya ilmiah, hingga kita harus mencantumkan judul buku dalam daftar pustaka. Kutipannya bisa berupa pinjaman kalimat atau pendapat dari seseorang.

Daftar pustaka bisa ditemukan dalam laporan hasil penelitian, skripsi, makalah, tesis dan masih banyak yang lainnya. Daftar pustaka juga berperan penting dalam karya ilmiah, karena bila sebuah karya ilmiah tak memiliki daftar pustaka maka kebenarannya bisa diragukan.

Pembaca biasanya tertarik dengan materi yang dibahas di dalam suatu karya ilmiah dan bisa dengan mudah mengeceknya, serta mempelajari materinya lebih dalam bila kita mencantumkan daftar pustaka.

Fungsi Daftar Pustaka

Berikut ini beberapa fungsi dalam daftar pustaka :

  1. Supaya bisa menunjukkan bahwa tulisan dan informasi dalam karya ilmiah, bukan hasil pemikiran penulis sendiri tetapi juga hasil pemikiran orang lain.
  2. Supaya memberikan sumber informasi yang ditulisnya, dan dapat ditelusuri pembaca bila ingin tahu informasi atau teori itu dengan lebih lengkap.
  3. Supaya bisa menghargai atau memberi penghargaan pada penulis sumber informasi, hingga karya ilmiah itu bisa terselesaikan.

Unsur Daftar Pustaka

Daftar pustaka juga memiliki beberapa unsur, diantaranya yaitu :

  1. Nama penulis ataupun pengarang
  2. Judul buku serta judul artikelnya
  3. Data publikasi buku yang meliputi tahun terbit, penerbit, tempat diterbitkan dan juga edisinya jika ada

Demikianlah pembahasan lengkap tentang Fungsi Daftar Pustaka yang disertai dengan pengertian dan unsurnya. Semoga artikel ini berguna bagi anda semua dan dapat menambah pengetahuan anda dalam membuat daftar pustaka.

Baca Juga :