Pengertian Ekuitas Merek (Brand Equity) – Fungsi, Manfaat Dan Dimensinya Lengkap

Posted on

Pengertian Ekuitas Merek (Brand Equity) – Fungsi, Manfaat Dan Dimensinya Lengkap

Ekuitas Merek – Adalah kekuatan dari suatu merek. Dengan merek yang kuat, suatu perusahaan dapat mengelola aset mereka dengan baik, meningkatkan arus kas, meluaskan pangsa pasar, menentukan harga premium, membatasi biaya promosi, peningkatan penjualan, menjaga stabilitas dan meningkatkan keunggulan kompetitif. Ekuitas mereka menurut perspektif konsumen adalah respon/tanggapan dari konsumen mengenai suatu produk.

Pengertian Ekuitas Merek Menurut Para Ahli

  1. Pengertian ekuitas merek (brand equity) menurut Kotler dan Keller adalah nilai tambah yang diberikan pada produk dan jasa. Ekuitas bisa tercermin dalam cara konsumen berpikir, merasa dan bertindak dalam hubungannya dengan merek, dan juga harga, pangsa pasar dan profitabilitas yang diberikan merek untuk perusahaan.
  2. Pengertian ekuitas merek (brand equity) menurut Supranto dan Limakrisna adalah nilai yang ditentukan oleh konsumen pada suatu merek di atas dan diluar karakteristik/atribut fungsional dari produk.
  3. Pengertian ekuitas merek (brand equity) menurut Tjiptono adalah serangkaian aset dan kewajiban merek yang terkait dengan sebuah merek, nama , dan simbolnya, yang menambah atau mengurangi nilai yang diberikan sebuah produk atau jasa kepada perusahaan dan atau pelanggan perusahaan tersebut.
  4. Pengertian ekuitas merek (brand equity) menurut Susanto dan Wijarnako adalah seperangkat aset dan liabilitas merek yang berhubungan dengan suatu merek, nama dan simbolnya, yang menambah atau mengurangi nilai yang diberikan oleh suatu barang atau jasa kepada perusahaan atau pelanggan.

Fungsi Dan Manfaat Ekuitas Merek (Brang Equity)

Ekuitas merek dapat berpengaruh pada kepercayaan diri konsumen dalam mengambil keputusan membeli, baik disebabkan oleh adanya pengalaman masa lalu dalam menggunakan merek itu atau kedekatan dengan merek dan karakteristiknya.

Menurut Simamora (2003:49) ekuitas merek memiliki beberapa fungsi dan manfaat, seperti :

  1. Loyalitas memungkinkan adanya pembelian/transaksi berulang jika konsumen itu adalah commited buyer, tidak hanya terhenti di pembelian ulang. Namun konsumen juga bisa menganjurkan/merekomendasikan pada orang lain.
  2. Memungkinkan perusahaan untuk menentukan harga yang lebih tinggi, dan menjadi keuntungan bagi perusahaan.
  3. Memberi kredibilitas terhadap produk lain yang memakai merek tersebut.
  4. Memungkinkan return yang lebih tinggi.
  5. Sebagai pembeda relatif dengan pesaing yang jelas bernilai dan berkesinambungan.
  6. Sangat fokus internal yang jelas.
  7. Membuat adanya toleransi konsumen pada kesalahan produk atau perusahaan, melalui loyalitas yang tinggi kepada merek tersebut.
  8. Menjadi faktor yang menarik pegawai yang berkualitas, dan juga mempertahankan pegawai yang loyal.
  9. Menarik konsumen untuk hanya memakai faktor merek dalam mengambil keputusan membeli.

Dimensi Ekuitas Merek

Ekuitas merek terbentuk dari empat dimensi, yaitu kesadaran merek (brand awareness), persepsi kualitas (perceived quality), asosiasi merek (brang association), loyalitas merek (brand loyalty). Berikut penjelasannya :

Kesadaran Merek (Brand Awareness)

Adalah kemampuan konsumen untuk mengenali atau mengingat lagi merek dan menghubungkannya dengan kategori produk tertentu.

Persepsi Kualitas (Percieved Quality)

Persepsi kualitas kepada merek menunjukkkan respon seluruh konsumen kepada kualitas dan keunggulan yang ditawarkan merek.

Asosiasi Merek (Brand Association)

Berhubungan dengan segala hal yang terkait dengan memori pelanggan mengenai merek.

Loyalitas Merek (Brand Loyalty)

Adalah komitmen kuat dalam berlangganan atau melakukan pembelian kembali suatu merek dengan konsisten di masa yang akan datang.

Membangun Ekuitas Merek

Ekuitas merek juga dapat dibangun dengan membuat struktur pengetahuan merek yang tepat bagi pelanggan yang tepat. Proses tergantung pada seluruh kontak yang terkait dengan merek baik yang dijalankan oleh pemasar ataupun bukan.

Menurut Philip Kotler (2002:268), menurut persepktif manajemen pemasaran ada tiga komponen yang menggerakkan ekuitas merek, yaitu :

  • Pilihan awal untuk elemen atau identitas merek yang membuat merek (nama merek, Url, logo, lambang, karakter, juru bicara, lagu, kemasan, papan iklan, slogan).
  • Produk dan jasa serta seluruh aktivitas pemasaran dan program pemasaran yang mendukung serta ikut serta.
  • Asosiasi lain yang diberikan dengan tidak langsung pada merek dengan mengaitkan merek tersebut dengan beberapa entitas lain (orang, tempat, barang).

Demikianlah pengertian Ekuitas Merek yang disertai dengan fungsi, manfaat dan dimensinya secara lengkap. Semoga artikel ini dapat dipahami dengan baik dan memberi manfaat bagi anda semua.

Baca Juga :