Pengertian Gerak Taksis dan Macamnya Pada Tumbuhan Lengkap

Posted on

Pengertian Gerak Taksis dan Macamnya Pada Tumbuhan Lengkap

Gerak Taksis – Seluruh makhluk hidup di dunia mempunyai organ tubuh yang dapat bergerak. Gerakan yang muncul bisa alami, bisa juga dengan bantuan individu yang lainnya. Makhluk hidup bisa bergerak walaupun tanpa disadari, dan juga terjadi dengan alami. Manusia, hewan dan tumbuhan adalah makhluk hidup yang dapat bergerak walaupun gerakan tumbuhan terbilang sangat lambat dan sering tidak kita hiraukan. Tumbuhan juga dapat bergerak secara statis. Berikut penjelasan lengkapnya.

Pengertian Taksis

Adalah gerakan tumbuhan yang terjadi karena adanya rangsangan yang asalnya dari luar tubuh. Tubuh tumbuhan akan bergerak dari arah gerakan ini, terpengaruh oleh datangnya arah rangsangan. Rangsangan yang muncul ini dibagi menjadi tiga macam.

Macam-Macam Taksis

Fotatoksis

Adalah gerakan taksis yang terjadi karena adanya rangsangan yang asanya dari cahaya yang datang. Contohnya Euglena yang dapat bergerak dengan bulu cambuk yang di miliki menuju kearah cahaya.

Kemotaksis

Adalah gerakan taksis yang terjadi karena rangsangan yang asalnya yaitu dari zat kimia. Contohnya yaitu gerakan saat sel sperma pada tumbuhan berbiji tertutup yang menuju ke sel telur, gerakan ini juga terjadi karena ada rangsangan zat kimia yang sudah diproduksi oleh sel telur.

Galvanotaksis

Adalah gerakan taksis yang terjadi karena adanya rangsangan yang asalnya dari pengaruh listrik. Contohnya gerakan bakteri yang mengarah ke arah kutub positif, yang menuju ke kutub negatif dan begitu pula sebaliknya.

Demikian penjelasan tentang Gerak Taksis, pengertian dan macamnya lengkap. Semoga dapat dipahami dan bermanfaat bagi anda semua.

Baca Juga :