Pengertian Gerak Tropisme Pada Tumbuhan dan Macamnya Lengkap

Posted on

Pengertian Gerak Tropisme Pada Tumbuhan dan Macamnya Lengkap

Tropisme – Sering kali kita tidak menyadari bahwa tumbuhan juga bergerak. Sama seperti makhluk hidup yang lainnya, tumbuhan juga memiliki gerakan dan bisa memilih bagaimana mereka bergerak. Berikut ini akan kita bahas tentang tropisme atau salah satu gerakan pada tumbuhan, secara lengkap.

Pengertian Gerak Tropisme

Adalah gerak tumbuhan yanng bergerak karena pengaruh dari arah rangsangan yang diperoleh. Gerak tropisme ini memiliki dua gerakan yaitu tropisme negatif dan positif. Tropisme positif adalah gerak tumbuhan yang dimana arah geraknya mendekati serta menghampiri sumber rangsangan. Tropisme negatif adalah gerak tumbuhan yang arah geraknya menjauhi sumber rangsangan.

Macam-macam Gerak Tropisme

Geotropisme

Adalah gerak tropisme yang terkadi karena adanya rangsangan dari gravitasi bumi. Gravitasi yang diperoleh tumbuhan dari bumi seperti ini menunjukkan pertumbuhan geotropisme. Pertumbuhan geotropisme ini diterima dari sisi positif/negatif.

Gerakan geotropisme positif bisa dilihat pada akar tanaman yang menembus tanah, ke arah bawah. Gerakan geotropisme negatif bisa dilihat pada pertumbuhan batang yang menjulang ke atas.

Fototropisme

Adalah gerakan tropisme yang terjadi karena ada rangsangan cahaya. Bagian atas tumbuhan yang sering terkena cahaya matahari memberi dampak pada fototropisme positif. Sedangkan akar dari tumbuhan yang tak terkena cahaya memberi dampak fototropisme negatif. namun walaupun berdampak fototropisme negatif tetapi akar tumbuhan akan cepat memanjang karena ada distribusi auksin yang turun dari batang pohon ke bawah yang menuju akar.

Tigmotropisme

Adalah gerakan tropisme yang terjadi karena adanya rangsangan sentuhan. Gerakan ini terjadi pada beberapa tumbuhan seperti ubi, anggur dan jenis tumbuhan pemanjat lainnya. Sulur yang memanjang akan mendekati bagian benda yang tersentuh, dan memberi efek pertumbuhan pada sel tumbuhan yang terkena sentuhan, menjadi melambat serta memendek dibandingkan dengan bagian yang tak tersentuh. Akibat sentuhan itu maka bagian tersebut akan melengkung dan mengikuti benda yang menyentuh tersebut.

Kemotropisme

Adalah gerakan tropisme yang terjadi karena adanya rangsangan kimia. Rangsangan ini muncul saat gerakan akar menumpuk dan saat pertumbuhan saluran serbuk sari yang menuju bakal buah saat menggali pembuahan.

Hidrotropisme

Adalah gerakan tropisme yang terjadi karena adanya rangsangan dari air. Rangsangan ini akan menyebabkan bagian tumbuhan akan mendekati air seperti akar yang bergerak untuk mendekat ke air.

Demikian Pengertian Tropisme beserta penjelasan dan macam-macamnya lengkap. Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan anda dan memberi manfaat bagi anda semua.

Baca Juga :