Pengertian Ibadah Dalam Islam Lengkap

Posted on

Pengertian Ibadah Dalam Islam Lengkap

Ibadah – Sebagai manusia yang beriman dan bertakwa pada Allah SWT, tentu kita tak pernah lepas dari ibadah. Akan selalu ada banyak kesempatan kita untuk beribadah pada Allah SWT, dalam keadaan apapun, dimanapun dan kapanpun kita mau melakukannya pasti ada kesempatan.

Baik ibadah secara langsung kepada Allah SWT seperti sholat, puasa, zakat, naik haji, maupun kepada sesama umat manusia yang didalamnya berkaitan dengan masalah tolong menolong, muamalah, menepati janji, berkata jujur, berbuat baik pada kedua orang tua, dan lain sebagainya.

Pengertian Ibadah

Secara bahasa ibadah adalah tunduk atau merendahkan diri. Dan secara istilah ibadah adalah ketaatan yang dilakukan serta dilaksanakan sesuai dengan perintahNya, merendahkan diri di hadapan Allah SWT dengan kecintaan yang tinggi serta mencakup segala hal yang diridhai Allah baik yang berupa ucapan maupun perbuatan lahir dan batin. Ibadah dibagi menjadi tiga bagian yaitu ibadah hati, ibadah lisan dan ibadah anggota badan atau perbuatan.

Ibadah hati (qalbiah) antara lain: memiliki rasa takut, rasa cinta (mahabbah), mengharap (raja’), senang (raghbah), ikhlas, tawakkal. Ibadah lisan & hati (lisaniyah wa qalbiyah) antara lain: dzikir, tasbih, tahlil, tahmid, takbir, syukur, berdoa, membaca ayat Al-qur’an. Ibadah perbuatan fisik dan hati (badaniyah wa qalbiyah) antara lain: sholat, zakat, haji, berjihad, berpuasa.

Masih ada banyak contoh lainnya tentang ibadah. Dalam mengetahui apakah ibadah yang kita lakukan diridhai oleh Allah atau tidak, dapat kita ketahui melalui perintahNya dan sudah tertuang di dalam Kitab Suci Al Quran dan Hadist Nabi. Setiap tindakan yang dilakukan karena ibadah akan mengandung kebaikan untuk orang lain. Syarat ibadah dengan benar dan ikhlas dan ittiba sesuai dengan ajaran serta tuntunan Rasulullah SAW.

Sehingga jelaslah bahwa ibadah adalah satu kata yang mencakup setiap hal yang dicintai oleh Allah SWT dan diridhai olehNya. Baik perkataan/perbuatan, perkara dhahir ataupun batin.

Sekian pembahasan mengenai Ibadah yang diuraikan dengan penjelasannya secara lengkap. Semoga artikel ini dapat dipahami dan dapat menambah wawasan anda dalam bidang agama islam. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :