Ilustrasi – Pengertian, Fungsi, Jenis, Dan Contohnya Lengkap

Posted on

Pengertian Ilustrasi – Arti, Fungsi, Jenis, Dan Contohnya Lengkap

Pengertian Ilustrasi – Adalah hasil visualisasi dari suatu tulisan dengan teknik menggambar, fotografi, lukisan, atau teknik seni rupa lainnya yang fokus pada hubungan subjek dan tulisan dibanding bentuknya. Pengertian lainnya yaitu karya seni yang berbentuk gambar yang dipakai untuk menjelaskan informasi/cerita hingga informasi itu mudah dipahami dan dibaca.

Ilustrasi

Definisi ilustrasi yaitu sebagai bentuk visual dari teks hingga orang yang melihatnya bisa mengerti isi pesan/informasi di dalamnya. walaupun orang itu tak membaca teks. Dengan adanya ilustrasi tersebut, pembaca pun lebih tertarik untuk membaca keseluruhan isi informasi atau cerita yang disampaikan.

Pengertian Ilustrasi Menurut Para Ahli

  1. Menurut Martha Thoma (dalam Sofyan, 1994: 171) ilustrasi adalah karya seni yang mengambil inspirasi dari karya kesusastraan demi menghiasi naskah, serta membantu menjelaskan cerita atau mencatat suatu peristiwa.
  2. Menurut Soedarso (1990:1) ilustrasi adalah seni gambar atau seni lukis yang diabadikan untuk kepentingan lain, yang memberi penjelasan atau mengiringi pengertiannya. Contohnya cerpen di majalah.
  3. Menurut Rohidi (1984:87) lustrasi adalah penggambaran suatu hal melalui elemen rupa untuk lebih menerangkan, menjelaskan, atau memperindah suatu teks. Hingga pembaca dapat seolah merasakan langsung sifat-sifat gerak, dan kesan cerita yang disajikan.
  4. Menurut Fariz (2009:14) ilustrasi adalah ekspektasi dari ketidakmungkinan atau angan-angan yang bersifat maya/virtual.
  5. Menurut KBBI ilustrasi adalah gambar (foto, lukisan) untuk membantu memperjelas isi buku, karangan, dan sebagainya; gambar, desain atau diagram untuk penghias (halaman sampul dan sebagainya; (penjelasan) tambahan berupa contoh, bandingan, dan sebagainya untuk memperjelas paparan (tulisan dan sebagainya).

Tujuan Ilustrasi

Menurut Antonius Putra N dan Rahmatsyam Lakoro (2012:2), tujuan ilustarsi adalah untuk menghiasi dan menerangkan suatu cerita, puisi, maupun informasi lainnya dalam bentuk tulisan. Berikut tujuan ilustrasi secara lengkap :

  • Untuk memperjelas informasi/pesan yang ingin disampaikan pada pembaca.
  • Untuk memberi variasi bahan ajar hingga menjadi lebih menarik, komunikatif, memotivasi, dan memudahkan pembaca memahami isi pesan yang disampaikan.
  • Untuk membantu pembaca dalam mengingat konsep serta gagasan yang ingin disampaikan dengan melalui gambar.

Fungsi Ilustrasi

Fungsi Ilustrasi Secara Umum

  • Menarik Perhatian Pembaca. Gambar ilustrasi yang ada di buku, majalah, koran, dan media lainnya membuat informasi di dalam media tersebut menjadi lebih menarik untuk dibaca.
  • Memudahkan Pembaca Memahami Isi Pesan. Pembaca menjadi lebih mudah memahami isi informasi tanpa harus membacanya, jika dilengkapi dengan ilustrasi di dalamnya.
  • Dapat Menggambarkan Sesuatu. Dapat membuat pembacanya memahami informasi tanpa harus membaca keseluruhan isi informasi.
  • Memudahkan dalam Mengungkap Kejadian. Sebuah peristiwa akan lebih mudah dipahami oleh orang lain, apabila dijelaskan dengan ilustrasi tanpa harus dijelaskan kembali secara rinci.
  • Mengandung Nilai Estetika. Informasi yang berbentuk teks mungkin akan membosankan dan menjadi lebih menarik bila dilengkapi dengan gambar ilustrasi karena mengandung nilai estetika.
Fungsi Ilustrasi Secara Khusus
  • Deskriptif. Gambar ilustrasi bisa memberi penjelasan ringkas suatu tulisan hingga menjadi lebih cepat dipahami.
  • Ekspresif. Menyampaikan ide serta gagasan dengan bentuk gambar adalah fungsi ekspresif dari sebuah ilustrasi.
  • Kualitatif. Penyampaian informasi penting dilakukan dengan ilustrasi yang berbentuk grafik, tabel, simbol, dan lain-lain.
  • Analitis. Di dalam proses ini ilustrasi bisa digunakan untuk menjelaskan beberapa bagian suatu benda dengan lebih rinci.

Jenis dan Contoh Ilustrasi

  1. Gambar Kartun. Adalah ilustrasi yang berupa gambar yang lucu pada manusia, hewan, tumbuhan, dan benda mati, yang digunakan untuk melengkapi suatu cerita. Beberapa contoh gambar kartun, yaitu; komik strip, gag kartun, dan kartun editorial.
  2. Gambar Karikatur. Adalah gambar dengan penggambaran objek konkret dengan cara melebih-lebihkan ciri khas pada objek tersebut. kata karikatur itu berasal dari kata Italia yaitu “caricare” yang berarti memberi muatan atau melebih-lebihkan.
  3. Ilustrasi Naturalis. Adalah gambar ilustrasi yang bentuk serta warnanya sesuai dengan kenyataan yang ada pada alam, tanpa ada penambahan/pengurangan.
  4. Ilustrasi Dekoratif. Adalah gambar ilustrasi yang dilebih-lebihkan atau disederhanakan demi menghiasi sesuatu.
  5. Ilustri Khayalan. Adalah gambar ilustrasi yang dihasilkan dari imajinasi pembuatnya. Jenis ini banyak digunakan dalam novel, komik, dan roman.
  6. Ilustrasi Cergam. Adalah cerita bergambar yang merupakan jenis komik serta teks dengan sudut pandang yang menarik.
  7. Ilustrasi Buku Pelajaran. Adalah gambar ilustrasi yang ada pada buku pelajaran yang dimana fungsinya adalah untuk menerangkan isi teks, yang bersifat ilmiah atau non ilmiah.

Itulah penjelasan tentang pengertian ilustrasi yang meliputi fungsi, jenis, dan contohnya lengkap. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda di bidang seni.

Baca Juga :