Pengertian Lisosom dan Fungsinya Lengkap

Posted on

Pengertian Lisosom dan Fungsinya Lengkap

Lisosom – Hewan merupakan sejenis makhluk hidup yang jumlahnya sangat banyak dan tersebar di seluruh bagian di dunia. Ada yang bentuknya besar tapi ada juga yang bentuknya sangat kecil seukuran mikroskopis. Bagian tubuh hewan ini sudah tersusun dengan baik dan bisa menjaga hewan untuk bertahan hidup. Dalam tubuh hewan tersebut terdapat sel hewan yang membantu melakukan tugas dari hewan itu sendiri. Dalam sel hewan itu terdapat lisosom. Berikut penjelasan lengkapnya.

Pengertian Lisosom

Adalah organel yang ada di dalam sel hewan yang bentuknya bulat dan dibatasi oleh sistem membrane tunggal. Diameter dari lisosom pada umumnya adalah lebih dari 1,5 mikron dan letaknya dekat dengan badan golgi. Dalam badan golgi ini penuh protein yang dipakai untuk memproduksi lisosom. Proteolitik dan fosfatase adalah merupakan enzim hidrolik dan berasal dari lisosom.

Enzim itu bisa mencerna makanan yang datang secara fagositosis. Jumlah lisosom dalam sel sekresi ini lebih banyak dari sel sekresi lainnya, diantaranya yaitu leukosit, ginjal, pancreas dan juga sel hati. Dalam lisosom ini terdapat banyak sel putih karena sel itu bisa menghasilkan zat kekebalan tubuh. Lisosom juga mempunyai sifat autolysis, aufagi dan menghancurkan makanan dengan eksositosis.

Fungsi Lisosom

Fungsi pada lisosom dibagi menjadi dua bagian, yaitu  lisosom primer dan juga lisosom sekunder. Lisosom primer adalah jenis lisosom yang tugasnya adalah untuk bisa memproduksi enzim yang belum aktif. Fungsi lisosom primer ini yaitu sebagai vakuola makanan.

Lisosom sekunder adalah lisosom yang tugasnya adalah dalam pencernaan sel. Fungsi dari lisosom sekunder ini adalah sebagai autofagsom. Fungsi lainnya yaitu :

  • Mencerna makanan yang ada ketika telah terjadi kekurangan makanan.
  • Untuk dapat mencerna makanan yang di hasilkan dari fagositosis dan pinositosis.
  • Lisosom dapat menghancurkan suatu organel sel yang telah rusak di dalam keadaan tertentu yang di namakan autolysis. Sedangkan kejadian yang berlangsung ini di sebut dengan autofagi.
  • Dapat menetralkan zat yang memiliki sifat karsinogen yang artinya sel kanker.
  • Dapat untuk menghancurkan benda yang berasal dari luar, seperti pada contoh dinding sel telur sperma yang di hancurkan untuk mendapatkan enzim guna melakukan fertilisasi.

Itulah penjelasan tentang Lisosom yang meliputi pengertian dan fungsinya secara lengkap. Semoga artikel ini berguna bagi anda, dan dapat menambah wawasan anda.

Baca Juga :