Pengertian Listrik Statis Dan Contohnya Lengkap

Posted on

Pengertian Listrik Statis Dan Contohnya Lengkap

Pengertian Listrik Statis – Listrik statis adalah muatan listrik dalam jumlah tertentu yang tak mengalir atau tetap (statis), tetapi bila terjadi pengosongan muatan yang akan memakan waktu secara singkat. Pengertian lainnya yaitu fenomena dari kelistrikan yang dimana muatan listriknya tak bergerak dan biasanya ada pada benda yang memiliki muatan listrik.

Muatan listrik ini timbul karena adanya fenomena yang dimana benda yang bermuatan listrik memiliki aliran listrik yang saling berpautan. Tanpa adanya sebuah daya listrik atau benda tersebut dapat menghasilkan proton atau elektron tanpa menggunakan elemen pembangkit tenaga listrik. Listrik statis juga ditimbulkan oleh dua benda dengan muatan listrik yang berbeda.

Contoh Listrik Statis

  1. Peristiwa munculnya listrik statis adalah penggaris plastik yang digosok-gosokkan pada rambut yang kering. Lalu didekatkan pada kertas yang sudah dirobek kecil hingga kertas tertarik oleh penggaris, seolah penggaris itu magnet yang dapat menarik benda, yang merupakan listrik statis.
  2. Ketika menyisir rambut terkadang rambut terbawa sendiri seiring dengan pergerakan rambut tersebut. hal itu dikarenakan oleh interaksi muatan yang ada pada sisir dan rambut.
  3. Kain sutra yang digosokkan pada batang kaca. Dalam peristiwa itu benda akan bereaksi dengan saling tarik menarik. Sesudah kedua benda digosok-gosokkan akan terjadi loncatan elektron dari batang kaca ke kain sutra hingga mengakibatkan batang kaca bermuatan positif dan kain sutra bermuatan negatif.
  4. Pada saat kita mendekatkan tangan ke televisi yang baru saja dimatikan. Tanpa disadari bulu di tangan akan langsung berdiri, hal itu disebabkan oleh listrik statis.

Itulah ulasan tentang Pengertian Listrik Statis dan contohnya secara lengkap. Semoga artikel ini berguna bagi anda semua, dan dapat menambah wawasan serta pengetahuan anda.

Baca Juga :