Pengertian Magnet, Jenis dan Sifatnya Lengkap

Posted on

Pengertian Magnet : Jenis dan Sifatnya Lengkap

Pengertian Magnet – Magnet adalah objek yang dapat menimbulkan gejala gaya, baik gaya tarik maupun tolak pada jenis logam tertentu contohnya besi, baja dan sebagainya. Pengertian magnet yaitu benda yang dapat menarik benda lainnya yang dibuat dari logam seperti misalnya besi, baja, koblat dan juga nikel.

Magnet menjadi bagian yang kuat pada bagian daya tarik yang disebut dengan kutub magnet. Kutub magnet dibagi menjadi dua macam yaitu kutub utara (U) dan kutub selatan (S). magnet terdiri dari elementer yang tersusun dengan teratur serta terarah. Bila ada dua magnet lalu kutubnya di didekatkan maka akan terjadi tolak menolak.

Tapi apabila kutub yang berbeda lalu didekatkan maka akan tarik menarik. Bagian yang ada di sekitar magnet dipengaruhi oleh gaya magnet dan disebut dengan medan magnet.

Jenis Magnet

  1. Magnet buatan
  2. Magnet alam
  3. Magnet tetap
  4. Magnet tidak tetap

Sifat Magnet

  1. Magnet bisa menarik benda-benda tertentu
  2. Magnet mempunyai dua kutub
  3. Medan magnet yang kemudian membentuk gaya magnet
  4. Kutub magnet yang sama akan saling tolak menolak tetapi jika sebaliknya maka magnet akan saling tarik menarik

Cara Membuat Magnet

1. Digosok secara searah dengan magnet

Misalnya besi yang tidak memiliki medan magnet dapat dijadikan magnet dengan cara digosok searah dengan ujung magnet yang tetap.

2. Dengan Menggunakan Cara Dialiri Arus Listrik Yang Searah

Misalnya besi yang akan dijadikan magnet dengan cara dialiri listrik yang searah, lalu besi dililit dengan kawat kemudian dihubungkan dengan batu baterai. Yang akan menjadi elementer yang terdapat pada besi dan akan dipengaruhi oleh arus listrik DC yang dihasilkan baterai lalu akan menjadi magnet elementer yang searah dan teratur.

3. Dengan Menggunakan Induksi Magnet

Misalnya besi bisa menjadi magnet dengan diinduksi. Dengan memakai besi diletakkan dekat dengan magnet tetap, maka akan menimbulkan magnet elementer pada besi yang dipengaruhi magnet tetap yang dapat menjadikan magnet elementer teratur dan mengarah ke satu arah saja.

Itulah ulasan tentang Pengertian Magnet yang disertai dengan jenis dan sifatnya secara lengkap. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda dan dapat menambah pengetahuan anda.

Baca Juga :