Pengertian Media Sosial – Karakteristik, Fungsi, Jenis Dan Dampaknya Lengkap

Posted on

Pengertian Media Sosial – Karakteristik, Fungsi, Jenis Dan Dampaknya Lengkap

Fungsi Media Sosial – Pada umumnya pengertian media sosial adalah suatu media daring dengan penggunanya yang bisa mudah beradaptasi, yang meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Berikut penjelasan lengkap dari pengertian media sosial menurut para ahli.

Pengertian Media Sosial Menurut Para Ahli

  1. Pengertian media sosial menurut Sam Decker adalah konten digital dan interaksi yang dibuat oleh dan antar satu sama lain.
  2. Pengertian media sosial menurut Marjorie Clayman adalah alat pemasaran baru yang memungkinkan untuk mengetahui pelanggan dan calon pelanggan dengan cara yang sebelumnya tidak mungkin.
  3. Pengertian media sosial menurut Philip Kotler dan Kevin Keller adalah sarana bagi konsumen untuk berbagai informasi teks, gambar, video dan audio dengan satu sama lain dan dengan perusahaan dan sebaliknya.
  4. Pengertian media sosial menurut Henderi, Muhammad Yusup, dan Yuliana Isma Graba adalah situs jaringan sosial yang contohnya layanan berbasis web yang memungkinkan setiap orang dalam membangun profil publik atau semi publik di dalam sistem yang terbatasi, daftar pengguna lain dengan siapa mereka terhubung, dan melihat dan menjelajahi daftar koneksi mereka yang dibuat oleh orang lain dengan suatu sistem.
  5. Pengertian media sosial menurut Lisa Buyer adalah bentuk hubungan masyarakat yang paling transparan, menarik dan interaktif saat ini.
  6. Pengertian media sosial menurut Andreas Kaplan dan Michael Haenlien adalah aplikasi berbasis internet yang membangun di atas dasar ideologi dan juga teknologi web 2.0 yang memungkinkan penciptaannya serta pertukaran user generated content.
  7. Pengertian media sosial menurut Antony Mayfield adalah media yang penggunanya mudah berpartisipasi, berbagi dan menciptakan peran, khususnya blog, jejaring sosial, wiki/ensiklopedia online, forum-forum maya, termasuk virtual worlds (dengan avatar/karakter 3D).
  8. Pengertian media sosial menurut Mark Hopkins adalah suatu istilah yang tak hanya meliputi beragam platform media yang baru saja, tetapi juga menyiratkan dimasukkannya sistem seperti misalnya FriendFeed, Facebook, dan lain-lain yang secara umum dianggap sebagai jejaring sosial. Idenya yaitu beragam platform media yang mempunyai komponen sosial dan sebagai media komunikasi publik.

Karakteristik Media Sosial

  • Partisipasi

Media sosial adalah pendorong pada adanya kontribusi serta umpan balik dari setiap orang yang tertarik atau berminat menggunakannya, hingga dapat mengaburkan batas diantara media dengan audience.

  • Keterbukaan

Banyak juga media sosial yang terbuka untuk umpan balik dan partisipasi melalui voting, berbagi dan komentar. Terkadang batasan untuk mengakses serta memakai isi pesan misalnya perlindungan password pada isinya cenderung dianggap aneh.

  • Perbincangan

Media sosial juga bisa membuat perbincangan atau penggunaannya dua arah.

  • Keterhubungan

Ada banyak media sosial yang berkembang pesat karena memiliki kemampuan dalam melayani keterhubungan di antara penggunanya, dengan melalui fasilitas tautan atau links ke website, sumber informasi dan bagi pemakai lainnnya.

Fungsi Media Sosial

  • Untuk meluaskan interaksi sosial manusia dengan memakai internet dan teknologi web
  • Melakukan transformasi praktik komunikasi satu arah media siaran dari satu institusi media ke banyak audience (one to many) ke dalam praktik komunikasi dialogis antara banyak audience (many to many)
  • Sebagai dukungan demokratisasi pengetahuan dan juga informasi
  • Melakukan transformasi manusia dari pemakai isi pesan menjadi pesan itu sendiri.

Puntoadi (2011:5) mengemukakan, pemakaian media sosial mempunyai fungsi yaitu :

  1. Membangun personal branding dengan sosial media adalah tak mengenal trik atau popularitas yang semu, karena audience yang akan menentukannya. Beragam sosial media menjadi media bagi orang yang melakukan komunikasi, berdiskusi, dan juga memberikan suatu popularitas di media sosial.
  2. Memberi kesempatan pada fungsinya interaksi yang lebih dekat dengan konsumen. Media sosial juga menawarkan konten komunikasi yang lebih individual. Melalui media sosial juga beragam kalangan pemasar dapat mengetahui kebiasaan dari konsumen mereka, serta melakukan interaksi secara personal dan dapat membangun ketertarikan yang lebih dalam lagi.

Jenis-Jenis Media Sosial

Kotler dan Keller mengemukakan terdapat tiga platform utama dalam media sosial, yaitu :

Online Communities And Forums

Ada beragam bentuk dan ukuran komunitas online serta forum, yang banyak dibuat oleh pelanggan/kelompok pelanggan tanpa adanya bunga komersial atau afiliasi perusahaan. Beberapa komunitas online serta forum ini didukung oleh perusahaan yang dimana anggotanya berkomunikasi dengan perusahaan satu sama lainnya. Dengan melalui posting, instant, messaging, dan juga chatting yang berdiskusi tentang minat khusus yang dapat berkaitan dengan produk perusahaan dan merek.

Blogs

Ada sekitar 3 juta pengguna blog yang sangat bervariasi, yang sebagian besar berbentuk blog pribadi untuk teman dekat dan juga keluarga, dan yang lainnya dibuat untuk menjangkau serta memengaruhi khalayak luas.

Social Networks

Jaringan sosial sudah menjadi kekuatan utama dalam bisnis konsumen serta pemasaran dari bisnis ke bisnis. Salah satunya yaitu facebook, messanger, twitter dan lain-lain. Jaringan yang berbeda itu menawarkan manfaat yang berbeda untuk perusahaan.

menurut Puntoadi (2011:34), terdapat beberapa jenis atau macam media sosial, antara lain yaitu :

  • Bookmarking

Bookmarking ini menawarkan peluang dalam menshare link dan juga tag yang menjadi minat. Tujuannya supaya setiap orang menikmati apa yang kita sukai.

  • Contenc Sharing

Setiap orang bisa membuat beragam media serta publikasi untuk berbagi dengan orang lain. Youtube dan Flickr adalah situs content sharing yang serinkali dikunjungi oleh banyak orang.

  • Wiki

Sebagai situs yang memiliki berbagai macam karakteristik yang berbeda seperti situs knowledge sharing, wikitravel yang mempunyai fokus terhadap informasi tempat, dan konsep komunitas lebih eksklusif.

  • Flickr

Situs milik Yahoo adalah situs khusus pada beragam image sharing dengan kontributor ahli di masing-masing bidang fotografi di seluruh dunia. Flickr juga membuat photo catalog pada masing-masing produk yang bisa dipasarkan.

  • Social Network

Kegiatan yang menggunakan fitur yang disediakan situs tertentu menjadi hubungan atau interaksi dengan sesama. Situs sosial networking itu antara lain Linkedin, facebook dan My Space.

  • Creating Opinion

Media sosial juga menawarkan sarana untuk berbagi pendapat dengan orang lain di seluruh dunia. Dengan melalui reacting opening, semua orang juga bisa menjadi penulis, jurnalis atau komentator.

Kaplan dan Haenlien juga mengemukakan jenis-jenis media sosial antara lain yaitu :

  • Konten

Pengguna situs ini memberikan klik pada setiap konten saham konten media, seperti gambar, video, ebook dan lain sebagainya.

  • Proyek Kolaborasi

Situs ini memungkinkan pemakai dapat mengubah, menambah, maupun menghapus suatu konten sedikit yang tersedia di website. Seperti Wikipedia

  • Blog dan Microblog

Pengguna juga bebas mengekspresikan segala hal seperti ventilasi atau mengkritik kebijakan pemerintah. Misalnya twitter.

  • Virtual Game World

Adalah dunia yang membuat para penggunanya merasa hidup secara maya, seperti dunia game virtual berinteraksi dengan orang lain. Namun dunia virtual sosial lebih luas lagi dan mengarah ke kehidupan second life.

Dampak Media Sosial

1. Dampak Positif 

  • Silaturahim menjadi lebih erat
  • Memberikan ruang untuk berpesan positif. Sosial media sudah banyak dipakai oleh para tokoh agama, motivator, dan juga ulama.
  • Hubungan pertemanan menjadi lebih akrab
  • Informasi yang tepat dan akurat selalu tersedia
  • Wawasan dan pengetahuan menjadi bertambah

2. Dampak Negatif 

  • Penipuan
  • Pornografi
  • Prostitusi
  • Media untuk menyebarkan ideologi yang sangat efektif dan efisien
  • Anak dan remaja menjadi malas belajar untuk berkomunikasi pada dunia nyata.
  • Situs jejaring sosial menjadi tempat untuk orang yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan kejahatan.
  • Remaja dan anak, mudah mengeluarkan bahasa apapun pada media sosial.

Demikianlah Fungsi Media Sosial yang disertai dengan pengertian, karakteristik, fungsi, jenis dan juga dampaknya secara lengkap. Semoga membantu, dan memberi manfaat bagi anda semua.

Baca Juga :