Pengertian Menulis dan Manfaat Menulis Menurut Para Ahli Lengkap

Posted on

Pengertian Menulis dan Manfaat Menulis Menurut Para Ahli Lengkap

Pengertian Menulis – Kegiatan menulis sudah menjadi hal yang tak asing lagi bagi kita semua. Terutama saat kita masih anak-anak. Telah diajarkan menulis sampai saat ini. Namun banyak orang yang belum paham apa arti dari menulis. Menulis menjadi salah satu pekerjaan sebagian orang. Berikut penjelasan lengkapnya.

Pengertian Menulis

Adalah proses kreatifitas dalam menuangkan gagasan yang berbentuk bahasa tulisan. Hasil yang diperoleh dari kreatifitas menulis disebut dengan tulisan/karangan. Keduanya mengacu pada hasil yang sama, meskipun terdapat pendapat yang menyatakan bahwa kedua istilah tersebut memiliki pengertiannya sendiri. Istilah menulis sering dikaitkan pada proses kreatifitas jenis ilmiah.

Sedangkan istilah mengarang sering dihubungkan dengan kreatifitas jenis non ilmiah. Pokok persoalan di dalamnya disebut dengan gagasan/pikiran. Gagasan menjadi dasar berkembangnya tulisan. Lalu melalui tulisan penulis pun mengungkapkan gagasan, pikiran, perasaan, pendapat, kehendak, dan juga pengalaman yang dimilikinya kepada pihak yang lain.

Pengertian Menulis Menurut Para Ahli

1. Nurjamal dalam Sumirat, Darwis (2011:69)

Menulis adalah keterampilan berbahasa yang menjadi kemampuan seseorang dalam mengungkapkan gagasan, perasaan, dan juga pemikiran-pemikiran yang dimiliki kepada orang ataupun pihak lainnya dengan menggunakan sebuah media tulisan.

2. Tarigan dalam Syarif, Zulkarnaini, Sumarno (2009:5)

Menulis adalah mengekspresikan sesuatu dengan tulisan pada sebuah gagasan, ide, pendapat, ataupun pikiran dan juga perasaan.

3. Tarigan (1986:15)

Menulis adalah kegiatan dalam menuangkan ide/gagasan dengan memakai bahasa tulis yang menjadi media penyimpanannya.

4. Lado dalam Elina Syarif,Zulkarnaini, Sumarno (2009:5)

Menulis adalah meletakkan sebuah simbol grafik yang mewakili bahasa yang dipahami oleh orang lain.

Manfaat Menulis

Manfaat menulis menurut Horiston dalam Darmadi (1996:3-4) yaitu :

  • Kegiatan menulis ialah sebagai sarana untuk dapat menemukan sesuatu, di dalam artian bisa mengangkat ide dan juga informasi yang ada pada alam bawah sadar diri kita.
  • Kegiatan menulis bisa memunculkan sebuah ide baru.
  • Kegiatan menulis bisa melatih kemampuan mengorganisasi dan juga menjernihkan bebagai konsep ataupun ide yang kita miliki.
  • Kegiatan menulis bisa melatih sikap objektif yang ada di diri seseorang.
  • Kegiatan menulis bisa membantu diri kita supaya berlatih memecahkan beberapa masalah sekaligus.
  • Kegiatan menulis di dalam sebuah bidang ilmu akan memungkinkan kita supaya menjadi aktif dan juga tidak hanya menjadi penerima informasi.

Itulah Pengertian Menulis yang dilengkapi dengan penjelasan dan manfaatnya. Semoga dapat dipahami dengan baik dan menambah pengetahuan anda. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :