Pengertian Open Source Beserta Keunggulan & Contohnya Lengkap

Posted on

Pengertian Open Source Beserta Keunggulan & Contohnya Lengkap

Contoh Software Open Source – Di era/zaman yang canggih ini kegunaan internet ada banyak sekali. Khususnya untuk manusia dan pekerjaan di dalamnya. dalam mengerjakan suatu pekerjaan juga menjadi lebih cepat dan efisien. Sehingga peranan open source dalam dunia software atau perangkat lunak sangat berpengaruh dalam dunia teknologi.

Open source juga memiliki banyak peminat yang akan membuat banyak pengguna memperbaiki dan mengupgradenya, menjadi lebih baik. Berikut penjelasan lengkapnya.

Pengertian Open Source

Open source adalah kata yang digunakan untuk perangkat lunak, dengan basis terbuka atau membebaskan source kodenya yang bisa dicari/diperoleh penggunanya dan membiarkan setiap penggunanya untuk bisa melihat bagaimana cara kerja dari aplikasi, atau perangkat lunak itu sehingga bisa memperbaiki dan mengembangkan perangkat lunak menjadi lebih baik lagi.

Keunggulan Open Source

Keunggulannya yaitu dapat diperoleh secara bebas atau free tanpa ada pembayaran lisensi software. Secara umum open source ini bisa dicari dan didapatkan di internet. Salah satu sistemnya yang paling terkenal adalah system operasi linux.

Open source juga bisa ditunjang dengan internet yang awalnya bisa diunduh di internet, lalu digunakan oleh penggunanya dan diperbaiki serta dikembangkan lagi oleh orang atau penggunanya bila terdapat kekurangan dari software itu.

Hasil perkembangan software itu akan dipublikasikan ke internet hingga penggunanya bisa menggunakan perangkat lunak, dan banyak digunakan oleh orang lain. Sampai saat ini sudah ada banyak sekali produk open source yang beredar di internet.

Dalam pengembangannya, tentu akan melibatkan banyak orang di berbagai belahan dunia dengan interaksinya dalam dunia maya atau dalam jaringan internet. Maka seiring dengan berjalannya waktu mulai berkembanglah teknologi, yang membuat munculnya software open source yang beragam lalu diupload ke internet. Dari pola itulah akan menciptakan developer yang semakin handal.

Software gratis ini berbasis open source dan bukan program yang bisa dianggap remeh hanya dengan memandang gratisan, dan kurang bagus pada segi kualitas. Karena telah banyak bukti kehebatan dan kehandalannya, sebenarnya open source ini sudah banyak melalui proses perbaikan terus menerus sampai menjadi perangkat lunak yang sempurna.

Contoh Software Open Source

Linux

Adalah yang paling popular di dalam software system operasi yang free.

XAMPP

Adalah paket software dengan kegunaan simulasi dan pengembangan web ini juga termasuk di dalam Apache dan MySQL.

Mozilla Firefox

Adalah Software gratis yang berguna didalam menjelajahi dunia internet.

OpenOffice

Adalah paketan software yang berguna didalam mengelola kata, tabel, dan yang lainnya.

osCommerce

Adalah aplikasi yang di gunakan para took online.

ClamAV & ClamWin

Adalah software berbentuk antivirus.

Audacity

Adalah software pengelola audio.

GIMP

Adalah software pengelola gambar dan foto.

VideoLAN

Adalah  software pemutar file berjenis multimedia.

Demikian pembahasan mengenai Contoh Software Open Source yang disertai dengan pengertian dan keunggulannya lengkap. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :