Pengertian Paragraf Argumentasi – Ciri, Cara Membuat, Jenis dan Contohnya Lengkap

Posted on

Pengertian Paragraf Argumentasi – Ciri, Cara Membuat, Jenis dan Contohnya Lengkap

Cara Membuat Argumentasi – Paragraf argumentasi adalah jenis paragraf yang mengandung sebuah pendapat/sikap, yang diikuti oleh alasan, contoh serta bukti yang meyakinkan yang akan menjadikan pembaca memberi isi paragraf tersebut.

Pengertian lainnya yaitu sebuah paragraf yang dimana gagasan utamanya dikembangkan dengan acara menerangkan pendapat, ulasan, bahasan atau ide pribadi dari penulis. Tujuannya adalah supaya bisa meyakinkan pendapat yang sama dengan penulisnya. Dan agar tujuan itu bisa terlaksana maka paragraf argumentasi harus diikuti dengan fakta yang akurat, seperti data, hasil penelitian, teori ahli, contoh dan lain sebagainya. Hal itu dilakukan untuk menguatkan pendapat yang diterangkan.

Ciri-ciri Paragraf Argumentasi

  • Mengandung pendapat, pandangan atau keyakinan penulis kepada sebuah permasalahan
  • Mempunyai data akurat yang dipakai untuk meyakinkan pembaca
  • Menerangkan permasalahan dengan cara menganalisa dan menganalogikan
  • Pada akhir diberikan kesimpulan dalam bentuk pendapat yang lebih luas bukan merupakan penegasan kembali pada topik utama.

Cara Membuat Paragraf Argumentasi

  • Menetapkan tema atau topik permasalahan yang hendak dibahas
    Merumuskan tujuan penulisan paragraf
  • Menyatukan data atau bahan. Data tersebut bisa dalam bentuk bukti, fakta, atau pernyataan yang mendukung.
  • Membuat kerangka paragraf tersebut
  • Melakukan pengembangan kerangka yang sudah dibuat sehingga menjadi paragraf

Jenis-jenis Dan Contoh Paragraf Argumentasi

Paragraf Argumentasi Sebab Akibat

Paragraf ini dimulai dengan pendapat yang bentuknya sebab-sebab dari suatu permasalahan, yang akhirnya diarahkan pada kesimpulan umum yang disebut dengan akibat dari beberapa sebab itu. Contohnya :

Pendidikan di Indonesia masih berada dibelakang dari pendidikan negara-negara lain di dunia. Bahkan negara kita masih kalah dengan negara tetanggga kita, yakni Malaysia dan Singapura dalam hal pendidikan.

Hal ini dapat dilihat dari banyaknya penduduk mereka yang melanjutkan pendidikan sampai ke perguruan tinggi. Sedangkan di Indonesia, jumlah penduduk yang mengenyam pendidikan masih jauh tertinggal, bahan di daerah-daerah tertinggi seperti Papua, NTT, NTB dan daerah lainnya.

Tertinggalnya pendidikan di daerah-daerah seperti itu dikarenakan oleh tidak meratanya pendidikan di Negara kita. Pemerintah hanya membangun fasilitas-fasilitas pendidikan di daerah-daerah perkotaan.

Dan juga karena minimnya jumlah guru di daerah tersebut menambah semakin jauhnya akses pendidikan di tempat itu. Akibatnya pendidikan di Indonesia tidak merata dan tertinggal, menjadikan tidak bisa bersaing dengan Negara-Negara lain di dunia.

Paragraf Argumentasi Akibat-Sebab

Paragraf ini dimulai dengan beberapa pendapat yang dalam bentuk akibat, dari permasalahan dan di akhir bagian paragraf itu dijelaskan apa yang menjadi sebab akibat tersebut. contohnya :

Jumlah kecelakaan di jalan raya tahun ini melonjak tajam. Babhkan lebih parah dari lima tahun terakhir. Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh pihak kepolisian, tahun lalu jumlah kasus kecelakaan di jalan hanya sekitar 4.500, dibandingkan dengan tahun ini yang telah mencapai 5.300 kasus, di H+2 lebaran, menjadikan dipaskan akan makin bertambah jumlahnya.

Dari 5.300 kasus itu, presentase yang paling banyak merupakan kendaraan bermotor. Tingginya angka kecelakaan ini dikarenakan oleh bertambahnya jumla pemudik yang memakai kendaaran bermotor.

Paragraf Argumentatif Rincian

Adalah paragraf argumentasi yang mengandung pendapat serta alasan penulis, yang diikuti dengan beberapa rincian. Contohnya :

Penggalian pasar yang dilakukan di daerah dataran tinggi yang ada di aliran hulu sungai seharusnya memperoleh perhatian dari pemerintah, karena apabila dibiarkan berkelanjutan maka akan terjadi kerusakan alam yang dapat mengakibatkan bencana yang bisa membuat rugi semua masyarakat yang tinggal di sekitarnya. Bukti bencana alam yang disebabkan penggalian pasar disekitar perbukitan secara nyata sebagai penyebab bencana alam diantaranya:

  • Banjir bandang, contoh terbaru adalah banjir bandang di daerah garut yang teridentifikasi disebabkan karena rusaknya area dataran tinggi di daerah hulu sungai cimanuk.
  • Kerusakan alam, kerusakan alam yang terjadi merupakan rusaknya lingkungan dan gundulnya hutan yang ada di sekitar pasar.
  • Pencemaran lingkungan , asap kendaraan proyek penggalian pasar dan pengolahan batu mengakibatkan penyakit ispa dan dirasakan oleh warga sekitar pembangunan pasar.

Paragraf Argumentatif Contoh

Adalah paragraf yang mengandung pendapat serta alasan penulis yang diikuti dengan beberapa contoh, sebagai bukti bahwa pendapat penulis ini benar dan tak bisa disangkal oleh pembaca. Contohnya :

Facebook memang dibuat khusus untuk media pertemanan secara dunia maya tetapi pada kenyataannya media sosial yang satu ini tidak selamanya memberikan efek positif. Ini disebabkan terdapat beberapa tindakan kriminal yang sumbernya dari media sosial ini. Contohnya adalah penculikan, penipuan, dan efek negatif lainn yang berhasil di ungkap oleh kepolisian, oleh sebab itu bijak dan selalu berhati-hati pada saat memakai aplikasi ini.

Demikianlah Cara Membuat Argumentasi yang juga membahas tentang pengertian, ciri, jenis dan contohnya lengkap. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi yang tepat bagi anda yang sedang mempelajari tentang paragraf argumentasi.

Baca Juga :