Pengertian Pembuluh Balik (Vena) – Fungsi, Ciri Dan Jenisnya Lengkap

Posted on

Pengertian Pembuluh Balik (Vena) – Fungsi, Ciri Dan Jenisnya Lengkap

Macam-Macam Vena – Pembuluh balik/vena adalah pembuluh yang fungsinya membawa darah menuju ke jantung. Darah yang dibawa banyak yang mengandung karbondioksida. Secara umum letaknya dekat permukaan tubuh dan terlihat kebiruan. Pada dinding pembuluhnya tidak elastis serta tipis dan ukurannya lebih kecil dari pembuluh nadi. Karena darah di dalam perjalanan kembali ke jantung memiliki tekanan yang sangat kecil bahkan tak terasa.

Pembuluh vena memiliki katup di sepanjang pembuluhnya, yang berfungsi agar darah tetap mengalir satu arah. Dengan adanya katup itu, aliran darah akan mengalir ke jantung. Bila terjadi luka di pembuluh balik karena tekanan darahnya tak terasa atau rendah, maka darah tak akan memancar tapi akan menjalar keluar.

Dalam tubuh pembuluh balik itu menjadi satu pembuluh balik yang besar atau disebut dengan vena cava. Pembuluh darah ini masuk ke jantung melewati serambi kanan. Bila terjadi pertukaran gas pada paru-paru maka darah mengalir menuju ke jantung lagi dan melalui vena. Pembuluh balik/vena akan membawa darah banyak ke oksigen. Sehingga darah di dalam seluruh pembuluh banyak yang mengandung karbondioksida kecuali vena pulmonalis. Dalam tubuh manusia penyakit yang menyerang pembuluh balik dinamakan varises.

Fungsi Pembuluh Balik (Vena)

Fungsi dari pembuluh balik adalah menyalurkan atau membawa darah dari seluruh tubuh menuju jantung.

Ciri-Ciri Pembuluh Balik (Vena)

  • Pembuluh vena mempunyai dinding yang tipis jika dibandingkan dengan pembuluh arteri.
  • Pembluh vena tidak elastis dan mempunyai diameter lebih besar daripada pembuluh nadi (arteri).
  • Pada umumnya berada tidak jauh dengan permukaan tubuh dan kelihatan warnanya kebiru-biruan.
  • Mempunyai ukuran diameter hingga 1,5 cm.
  • Banyak terkandung karbon dioksida didalamnya terkecuali pembuluh vena pulmonalis.

Jenis-Jenis Pembuluh Balik (Vena)

Pembuluh Balik Besar Bagian Atas (vena cava superior)

Fungsinya yaitu sebagai penerima dan juga pengangkut darah dari bagian tengah ke bagian atas tubuh yaitu kepala dan lengan.

Pembuluh Balik Besar Bagian Bawah (vena cava inferior)

Fungsinya yaitu sebagai penerima dan pengangkut darah dari bagian tengah ke bagian bawah tubuh, yaitu badan dan juga kaki. Selain vena cava, pembuluh vena terbagi lagi menjadi empat jenis pembuluh balik atau vena, yaitu :

  • Pembuluh Vena Pulmonalis

Fungsinya yaitu sebagai wadah darah yang mengandung oksigen yang dihirup paru-paru lalu dibawa oleh pembuluh vena ini ke jantung. Pembuluh ini disebut dengan vena paru-paru, dan terbagi menjadi dua jenis yaitu  vena pulmonalis bagian kiri dan vena pulmonalis bagian kanan.

  • Pembuluh Vena Cava

Fungsinya untuk membawa darah ke tubuh manusia yaitu ke jantung bagian atrium kanan. Vena cava disebut juga dengan vena sistemik, terdapat dua jenis vena cava yaitu  vena cava superior dan vena cava inferior.

  • Pembuluh Vena Superfisialis

Adalah jenis pembuluh balik vena cava yang letaknya di bawah kulit dan tak ada di dekat pembulih arteri. Pembuluh ini disebut dengan Cutanea. Biasanya bila seseorang mengambil diambil darah untuk cek darah, maka yang ditusuk adalah pembuluh vena Cutanea.

  • Pembuluh Vena Dalam

Atau yang disebut dengan deep vein adalah pembuluh darah balik yang bersampingan dengan pembuluh arteri, sama-sama disimpan pada pembungkus. Tidak terlihat dengan mata telanjang apabila dilihat dari luar.

Sekian pembahasan tentang macam-macam vena yang meliputi pengertiannya, fungsi dan cirinya lengkap. Semoga artikel ini membantu anda dalam memahami pembuluh vena pada manusia, dan menambah wawasan anda. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :