Pengertian Propaganda – Jenis, Sifat, Sistem, Metode Dan Contohnya Lengkap

Posted on

Pengertian Propaganda – Jenis, Sifat, Sistem, Metode Dan Contohnya Lengkap

Propaganda Adalah – Propaganda berasal dari bahasa latin, propagare yang mempunyai arti mengembangkan atau memekarkan. Yang merupakan serangkaian pesan dengan tujuan untuk memengaruhi pendapat serta tingkah laku masyarakat, ataupun sekelompok orang. Pengertian lainnya yaitu usaha yang disengaja dengan sistematis, untuk membuat/membentu persepsi, memanipulasi alam pikiran atau kognisis dan mempengaruhi secara langsung perilaku supaya memberi respon yang sesuai dengan yang diinginkan pelaku propaganda.

Pengertian Propaganda Menurut Para Ahli

  1. Pengertian propaganda menurut Leonard W. Dobb adalah beberapa usaha yang dilakukan individu yang memiliki kepentingan dalam mengontrol sikap kelompok, termasuk cara menggunakan sugesti, hingga akibatnya menjadi kontrol pada kegiatan kelompok itu.
  2. Pengertian propaganda menurut Jasques Ellul adalah komunikasi yang dipakai oleh suatu kelompok yang terorganisasi, yang ingin menciptakan partisipasi aktif/pasif dalam tindakan suatu massa yang terdiri dari individu, yang dipersatukan dengan psikologis dan tergabung di dalam kumpulan/organisasi.
  3. Pengertian propaganda menurut Garts Jowet and Victoria O’Donnell adalah usaha dengan sengaja dan sistematis, untuk membentuk persepsi, memanipulasi pikiran, dan mengarahkan kelakuaan untuk mendapatkan reaksi yang di inginkan penyebar propaganda.
  4. Pengertian propaganda menurut Wikipedia adalah serangkaian pesan yang bertujuan untuk memengaruhi pendapat serta kelakuan masyarakat/sekelompok orang.
  5. Pengertian propaganda menurut KBBI adalah penerangan (paham, pendapat, dan sebagainya) yang benar atau salah yang dikembangkan. Yang dimana tujuannya yaitu meyakinkan orang lain supaya menganut aliran, sikap, atau arah tindakan tertentu.
  6. Pengertian propaganda menurut Everyman’s Encyclopedia adalah suatu seni untuk menyebarkan dan meyakinakan suatu kepercayaan, khususnya kepercayaan agama atau politik.
  7. Pengertian propaganda menurut Prof. Dr. Mar’at adalah teknik/cara yang sistematis dan sangat dipikirkan dengan mendalam, yang dimana teknik/cara ini dilakukan oleh seseorang/kelompok orang dalam memengaruhi pendapat/sikap orang lain atau kelompok yang lainnya.
  8. Pengertian propaganda menurut Drs.R. Roekomy adalah sebuah usaha yang memengaruhi orang lain, berdasarkan beberapa faktor psikologis mengenai sesuatu yang baru/belum diketahui kebenarannya supaya sesuai dengan yang diharapkan.
  9. Pengertian propaganda menurut Prof. Onong Uchyna Efendi adalah komunikasi yang dilakukan dengan rencana, sistematis dan berulang dalam memengaruhi seseorang, khalayak/bangsa supaya pelaksanaan suatu kegiatan dilakukan dengan kesadaran tanpa dipaksa.
  10. Pengertian propaganda menurut Drs. R.A Santoso Sastropoetro adalah suatu perencanaan yang sudah didirencanakan dengan teliti, dalam mengubah sikap, pandangan, pendapat dan tingkah laku dari penerima komunikasi sesuai dengan pola yang telah ditetapkan oleh komunikator.

Jenis-Jenis Propaganda

1. Jenis Propaganda berdasarkan Jenisnya

  • Propaganda Vertikal. Adalah propaganda yang dilaksanakan melalui media massa.
  • Propaganda Horizontal. Adalah propaganda yang dilaksanakan melalui komunikasi interpersonal dan komunikasi organisasi dibanding komunikasi massa.
  • Propaganda Integrasi. Adalah propaganda yang dilakukan dengan menanamkan doktrin.
  • Propaganda Agitasi. Adalah propaganda yang bertujuan agar komunikasi bersedia memberikan pengobrbanan yang besar bagi tujuan yang berlangsung dan mengorbankan jiwa mereka dalam usaha mewujudkan cita-cita.

2. Jenis Propaganda berdasarkan Sumbernya

  • Propaganda Putih/White Propaganda. Adalah propaganda yang dilaksanakan dengan jujur, benar dan sportif. Isi pesan dan sumbernya pun jelas. Propaganda ini sering dipakai untuk menyebarkan informasi/ideologi dengan menyebut sumber, serta dilakukan dengan terang-terangan sehingga bisa diketahui sumbernya dengan mudah.
  • Propaganda Hitam/Black Propaganda. Adalah propaganda yang dianggap ramah tetapi sebenarnya bermusuhan. Propaganda ini dilaksanakan dengan tak baik, dan menjadi senjata taktis untuk menipu, penuh kepalsuan, tidak jujur, tidak mengenal etika dan cenderung pikirannya sepihak. Sumber yang disebutkan bukanlah sumber sebenarnya, kadang sering menuduh sumber lain yang melakukan hal tersebut.
  • Propaganda Abu-Abu/Grey Propaganda. Adalah propaganda yang dianggap netral walaupun sebenarnya bermusuhan. Yang dilakukan oleh kelompok yang tak jelas, isinya meragukan, mengacaukan pikiran orang, adu domba, intrik dan gosip. Sengaja dirancang agar massa ragu atas persoalan yang tengah berkembang..
  • Rasional Propaganda/Rational Propaganda. adalah propaganda yang mengungkap dengan jelas sumbernya dan tujuannya dijelaskan secara rasional.

Sifat Propaganda

  • Tertutup/terselubung
  • Terbuka
  • Pada awal tertutup akan tetapi lambat laun mulai terbuka

Sistem Propaganda

  • Penggunaan simbol-simbol agar komunikan tidak sadar dengan arah dan tujuan dari keinginan komunikator.
  • Penggunaan fakta sebagai alat pemaksa agar komunikan menerima pesan dan melakukan tindakan seperti apa yang diharapkan oleh komunikator.

Metode Propaganda

  1. Metode koersif. Adalah komunikasi dengan menimbulkan ketakutan untuk komunikan, supaya tak sadar bertindak sesuai dengan keinginan komunikator.
  2. Metode persuasif. Adalah komunikasi dengan menimbulkan kemauan yang dengan sukarela untuk komunikan, supaya dengan tidak sadar bisa bertindak sesuai dengan keinginan komunikator.
  3. Metode pervasif. Adalah komunikasi dengan menyebarluaskan pesan dan dilakukan terus menerus atau berulang pada komunikan, sehingga melakukan imitasi atau menjadi bagian dari yang diinginkan komunikator.

Contoh Propaganda

  • Propaganda Putih : RRI dan TVRI adalah media massa yang dari dulu sampai sekarang dijadikan pemerintah sebagai alat komunikasi untuk menyampaikan informasi tentang kebijakan-kebijakan pemerintah kepada rakyat Indonesia secara luas.
  • Propaganda Hitam : Beberapa waktu lalu pernah kita dengar ada seorang moderator acara silaturahmi suatu organisasi yang mengatakan bahwa pembicara yang mereka undah tidak bisa datang karena telah diculik oleh BIN (Badan Intelejen Negara), tetapi tuduhan tersebut tidak terbukti.

Sekian pembahasan mengenai Propaganda yang meliputi jenis, sifat, sistem, metode dan juga contohnya secara lengkap. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda, dan memberi manfaat bagi anda semua.

Baca Juga :