Pengertian Tata Surya dan Anggotanya Lengkap

Posted on

Pengertian Tata Surya dan Anggotanya Lengkap

Pengertian Tata Surya – Tata surya adalah benda langit yang terdiri atas matahari, planet yang mengelilingi matahari, asteroid, komet, dan benda langit lainnya. Benda langit yang bisa memancarkan cahaya disebut dengan bintang.

Anggota Tata Surya

Matahari

Adalah benda langit yang bisa memancarkan cahaya sendiri hingga disebut bintang. Matahari adalah bintang yang paling dekat dengan bumi. Matahari adalah pusatnya tata surya, karena planet bergerak mengelilinginya. Setiap detik matahari mampu memancarkan energi sekitar 5,6.1027 kal.

Susunan Matahari terdiri dari :

  • Inti Matahari ⇒ Tempat berlangsungnya reaksi fusi inti hidrogen menjadi inti helium.
  • Fotosfer ⇒ Lapisan ini selalu memancarkan cahaya, tampak seperti gas yang bergerak dan dapat dilihat dengan teleskop.
  • Kromosfer ⇒ Lapisan ini berada diluar fotosfer dan disebut juga dengan atmosfer matahari.
  • Korona ⇒ Lapisan ini berada diatas kromosfer dan sebagai atmosfer matahari yang paling luar.

Planet

  • Berdasarkan bumi sebagai pembatas, terdiri dari planet inferior (Merkurius, Venus) dan planet superior (Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus).
  • Berdasarkan sabuk asteroid sebagai pembatas, terdiri dari planet dalam (inner planets); Merkurius, Venus, Bumi. Dan planet luar (outer planets); Saturnus, Uranus dan Neptunus.
  • Berdasarkan ukuran dan komposisi bahan penyusun, terdiri dari planet terrestrial yang merupakan planet berupa batuan (Merkurius, Venus, Bumi, Mars), dan planet jovian yang merupakan planet berukuran besar dan tersusun dari es dan gas hidrogen, terdiri dari: Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus.

Peredaran Planet-Planet

  1. Revolusi. Adalah peredaran planet yang mengelilingi matahari. Penyebabnya adalah gaya gravitasi matahari.
  2. Orbit. Adalah garis edar atau lintasan planet dalam mengelilingi matahari.
  3. Bidang Edar. Adalah tempat beredarnya planet mengelilingi matahari. Bidang edar bumi ini disebut dengan ekliptika.
  4. Arah Peredaran Planet. Bila dilihat dari bumi arah edar planet dalam berevolusi berlawanan dengan arah jarum jam.
  5. Kala Revolusi. Adalah waktu yang dibutuhkan planet untuk melakukan satu x revolusi.
  6. Satelit sebagai Pengiring Planet. Satelit adalah pengiring planet. Satelit juga selalu beredar mengelilingi planet dengan peredaran yang sama dengan arah edar planetnya. Hampir setiap planet mempunyai satelitnya masing-masing.
  7. Adalah planet kecil yang mengelilingi matahari. Lintasan asteroid berada diantara orbit mars dan juga jupiter. Tidak ditemukan lintasan asteroid lainnya di tata surya. Ukurannya jauh lebih kecil daru planet.
  8. Meteor dan Meteorit. Adalah batuan yang ada di ruang antar planet. Meteor merupakan benda angkasa yang berpijar, karena bergerak cepat dan bergesekan dengan udara. Dan meteorit adalah meteor yang jatuh sampai ke bumi. Terdapat tiga jenis meteorit yaitu Meteorit logam yang memiliki unsur nikel dan besi, meteorit batuan yang memiliki unsur silikon dan meteorit campuran yang memiliki unsur logam dan silikon.

Komet

Adalah benda angkasa yang mengelilingi matahari dengan orbit yang bentuknya lonjong. Komet dibentuk dari unsur gas serta debu yang membeku.

Bagian-bagian komet terdiri dari: inti, koma, awan hidrogen, dan ekor komet. Ketika mendekati matahari, komet membentuk ekor yang arahnya menjauhi matahari. Sebaliknya, jika menjauhi matahari ekor komet akan menghilang. Ekor komet selalu menjauh dari matahari. Komet yang sangat terkenal ialah komet Halley yang nampak setiap 76 tahun sekali. Komet ini terakhir muncul pada tahun 1986.

Sekian Pengertian Tata Surya yang meliputi penjelasan serta anggotanya lengkap. Semoga bermanfaat dan dapat dimengerti.

Baca Juga :