Pengertian WWW – Fungsi Dan Sejarahnya Lengkap

Posted on

Pengertian WWW – Fungsi Dan Sejarahnya Lengkap

Pengertian WWW – Adalah singkatan dari World Wide Web, artinya adalah ruang informasi yang digunakan oleh pengenal global yang disebut juga dengan pengidentifikasi sumber yang seragam, agar mengenal dengan pasti sumber daya berguna. WWW juga dianggap sama dengan internet secara keseluruhan, walaupun sebenarnya hanya sebagian dari internet.

Pengertian lainnya yaitu nama yang diberikan supaya seluruh bagian internet dapat diakses dengan software web browser. Dengan adanya WWW tersebut, kita bisa menerima beragam jenis informasi dalam beragam format. WWW juga sering disebut dengan protokol pada sebuah URL (Uniform Resource Locator),dan juga sering disebut sebagai istilah untuk mengidentifikasikan sebuah media jaringan internet.

Fungsi WWW

Adalah sebagai penyedia dan dan juga informasi yang diperlukan agar bisa dipakai bersama. Fungsi lainnya adalah sebagai informasi global yang menghubungkan pengguna dengan jaringan internet atau yang dikenal dengan sebutan user ke server, dan user yang lainnya supaya bisa menyajikan data, dokumen, dan juga berbagai macam informasi yang bisa untuk digunakan bersama-sama dengan dengan menggunakan sebuah bahasa HTML.

Sejarah WWW

WWW mendapat perhatian publik yang sangat besar dan tak bisa disamakan dengan aplikasi yang lainnya. Sekitar tahun 1995, WWW menggantikan FTP sebagai sebuah aplikasi internet yang bertanggung jawab terhadap sebagian besar dari lalu lintas jaringan internet. Web yang sudah terkenal lalu dicampuradukan dengan istilah internet, meskipun sebenarnya pengertian web dan internet tak sama.

Web ialah sebuah sistem pengiriman dokumen yang juga tersebar dan berjalan di internet. Web sudah di kembangkan di CERN (European Center for Nuclear Research) yakni sebuah lembaga bagi penelitian fisika energi tinggi di Geneva, Swiss. Tujuan awal lembaga ini adalah untuk membantu para fisikawan di beragam lokasi yang berbeda, dalam bekerja sama dan berbagi materi penelitian.

WWW (World Wide Web) ialah sebuah program yang ditemukan oleh Tim Berners-Lee di tahun 1991-an. Awalnya Berners Lee ini hanya ingin menemukan cara untuk menyusun arsip dan risetnya. Sehingga Berners Lee lalu mengembangkan sistem untuk kebutuhan pribadinya. Sistem tersebut adalah program peranti lunak yang dinamakan equire. Dengan program itu, Barners Lee telah berhasil menciptakan jaringan yang terhubung antara berbagai jenis arsip yang kemudian memudahkan informasi yang diperlukan. Itulah yang menjadi dasar bagi revolusi yang dikenal oleh web.

Demikianlah Pengertian WWW yang diserta dengan fungsi dan sejarahnya secara lengkap. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :